IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE

Authors

  • Retno Nila Kartika Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5, Malang, 65145, Indonesia
  • Yusuf Hanafi Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5, Malang, 65145, Indonesia
  • Ferdi Dwi Sagitha Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5, Malang, 65145, Indonesia

Keywords:

identifikasi miskonsepsi, tes diagnostik four-tier multiple choice, ekologi dan keanekaragaman hayati

Abstract

Ekologi dan keanekaragaman hayati merupakan salah satu materi dalam pembelajaran IPA yang membutuhkan proses bernalar dan pengolahan informasi dengan tepat. Oleh karena itu, seringkali terjadi pemahaman konsep yang salah (miskonsepsi). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati menggunakan tes diagnostik four-tier multiple choice yang terdiri dari 12 soal pilihan ganda. Hasil validitas isi tes mencapai 0,9801 (kriteria sangat valid) dan reliabilitas untuk B tier (pilihan jawaban dan alasan peserta didik) sebesar 0,765 (kriteria cukup reliabel). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 62 peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Malang. Uji coba instrumen dilakukan di kelas VII C dengan jumlah 31 peserta didik, sedangkan pelaksanaan identifikasi miskonsepsi dilakukan di kelas VII A dengan jumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami miskonsepsi tertinggi pada indikator mengidentifikasi metode konservasi keanekaragaman hayati dengan persentase miskonsepsi sebesar 58%.

References

Agustin, U., Susilaningsih, E., Nurhayati, S., & Wijayati, N. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice untuk Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry In Education, 11(1), 1-7

Alfionita, A. N. A., Patang, P., & Kaseng, E. S. (2019). Pengaruh eutrofikasi terhadap kualitas air di sungai jeneberang. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian, 5(1), 9-23

Asmita, A. (2017). Penguasaan konsep dan kemampuan pemecahanan masalah IPA siswa SMP yang dibelajarkan dengan integrasi penilaian formatif dalam pembelajaran SWH (Science Writing Heuristic)

Campbell, N.A., Reece J.B., et al,. (2012). Biologi. Edisi Ke-8, Jilid 2. Terjemahan D.T. Wulandari. Jakarta: Erlangga

Habiddin, H., & Page, E. M. (2019). Development and Validation of a Four-Tier Diagnostic Instrument for Chemical Kinetics (FTDICK). Indonesian Journal of Chemistry, 19(3). https://doi.org/10.22146/ijc.39218

Harianto, S. P., & Dewi, B. S. (2017). Buku Ajar Biologi Konservasi: Biodiversitas fauna di kawasan budidaya lahan basah. Lampung: Universitas Lampung

Ilhamdi, M. L., Rahmani, A. V., & Syazali, M. (2022). Analysis of misconceptions of senior high school students on biodiversity materials, interactions, and their role in nature. Jurnal Pijar Mipa, 17(6), 764-769

Purwanti, W. M., & Kuntjoro, S. (2020). Profil miskonsepsi materi ekologi menggunakan four-tier test pada peserta didik kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(3), 414-421

Rokhim, D. A., Rahayu, S., & Dasna, I. W. (2023). Analisis miskonsepsi kimia dan instrumen diagnosisnya: literatur review. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 17-28

Sari, I. H. K., Asih, I. S., Khoirunnisa, L., Tamherwarin, H. R. J., & Rizkiani, Z. B. (2023). Pemahaman Peta Konsep dan Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X Semester 2 pada Materi Keanekaragaman Hayati. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 152-159

Sari, D. P., & Alberida, H. (2022). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik di SMAN 7 Padang Pada Konsep Keanekaragaman Hayati. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 17(2)

Yunanda, I. (2019). Pengembangan modul materi keanekaragaman hayati dan protista berdasarkan identifikasi miskonsepsi menggunakan instrumen diagnostik three tier pada siswa kelas X SMA/MA di Jawa Timur.

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

Nila Kartika, R. ., Hanafi, Y. ., & Dwi Sagitha, F. . (2023). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(10), 2. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5278

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)