PENERAPAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 MALANG

Authors

  • Tri Anggun Rakhmawati Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Agung Witjoro Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Lilik Primilestari Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Cooperative Script, Hasil Belajar Siswa, Pekerjaan Sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran cooperative script di SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan analisis statistik (uji Wilcoxon dan N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa dari Siklus 1 (rata-rata nilai 71,86) ke Siklus 2 (81,07). Partisipasi aktif siswa juga meningkat, tanpa adanya penurunan pencapaian. Model cooperative script secara konsisten meningkatkan hasil belajar siswa, menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK Negeri 2 Malang.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Garcia, M., Martinez, R., & Lopez, J. (2019). The Impact of Cooperative Script on Student Learning Outcomes: A Cross-Disciplinary Investigation. International Journal of Educational Research, 36(2), 189-201.

Gillies, R. M. (2016). Cooperative Learning: Review of Research and Practice. Australian Journal of Teacher Education, 41(3), 39–54.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An Educational Psychology Success Story: Social Interdependence Theory and Cooperative Learning. Educational Researcher, 38(5), 365–379.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen: Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Meilani, R., Nani Sutarni. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1) hal 176-187

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Slavin, R. E. (2014). Cooperative learning and academic achievement: Why does groupwork work? Anales de Psicología, 30(3), 785–791.

Sukardiyono, T. (2015). Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip dan Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Anggun Rakhmawati, T., Witjoro, A. ., & Primilestari, L. . (2023). PENERAPAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 MALANG. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(11), 1. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5282

Issue

Section

Articles