PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBANTUAN KARTU SOAL DAN STIKER JAWABAN PADA MATERI TANAH DAN KEBERLANGSUNGAN KEHIDUPAN

Authors

  • Mamila Putri Hapsari Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Sumari Sumari Departemen Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Ida Fitriyah IPA SMPN 24 Malang, Indonesia

Keywords:

Media pembelajaran, Ular tangga, Materi Tanah, Keberlangsungan Kehidupan

Abstract

Guru yang menyampaikan materi pelajaran dengan metode konvensional menyebabkan peserta didik pasif saat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana permainan ular tangga digunakan dalam materi Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga berbantuan kartu soal dan stiker jawaban dapat meningkatkan semangat belajar anak. Berdasarkan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi peserta didik bersemangat, tidak bosan, dan aktif saat pembelajaran berlangsung. Peserta didik dapat memahami dan mengingat materi tentang Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan

References

Danggu, J. R., Yusuf, M., & Paramata, D. D. (2023). Kepraktisan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD pada Materi Suhu dan Kalor di SMP. Jurnal Jendela Pendidikan, 3 (2), 158–165.

Guterres, I. K. N. P., Sudarti, Maryani, & Aristya, P. D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gejala Pemanadan Global untuk Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7 (1), 53–61.

Haris, I., & Nurjannah. (2022). Penggunaan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1 (2), 33–37.

Hidayah, K. (2023). Pemanfaatan Media Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Fiqih. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Amin, 2 (1), 22–35.

Lukman, Shasliani, & Maharani. (2023). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV UPTD SDN 57 Parepare. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 130–141.

Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., & Hartini. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6 (1), 130–141.

Setiawati, R., & Istiqamah. (2020). Penggunaan Media Ular Tangga sebagai Media Pembelajaran Sastra pada Masa SMA/MA Sederajat. Konferensi Nasional Pendidikan Prosiding FKIP Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Tegeh, I. M., Pratiwi, N. L. P., & Simamora, A. H. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SD. Jurnal IKA, 17 (2), 150–170.

Downloads

Published

27-05-2024

How to Cite

Putri Hapsari, M. ., Sumari, S., & Fitriyah, I. . (2024). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBANTUAN KARTU SOAL DAN STIKER JAWABAN PADA MATERI TANAH DAN KEBERLANGSUNGAN KEHIDUPAN . Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(8), 1. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5252

Issue

Section

Articles