Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPAS Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Pada Kelas IV di SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta

Authors

  • Reni Anggraini Universitas Ahmad Dahlan, Kragilan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia
  • Ika Maryani Universitas Ahmad Dahlan, Kragilan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v3i5p208-222

Keywords:

Pembelajaran diferensiasi, Motivasi belajar, Hasil belajar peserta didik

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada kelas IV SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Motivasi belajar yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu motivasi secara eksternal dan internal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV yang terdiri dari 11 peserta didik. Objek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif serta disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik, yaitu pada Siklus 1 motivasi belajar peserta didik sebesar 55,90% (kategori cukup) kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 75% (kategori baik), hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 19,1%. Pada hasil belajar peserta didik pada Siklus I sebesar 63,63% (kategori baik) kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 81,81% (kategori sangat baik). Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 18,18%. Denga demikian pengunaan pendekatan pembelajaran diferensiasi yang memperhatikan gaya belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta.

References

Afilin. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Negri JETIS 3 SUKOHARJO. 6:36–46.

Angga, Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu 6(4):5877–89. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3149.

Aritonang, Keke. T. (2018). M Inat Dan M Otivasi Dalam M Eningkatkan Hasil Belajar Siswa Keke T. A Ritonang *). Jurnal Pendidikan Penabur (10):11–21.

Arsita, et al. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Konkret. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 4(2):262. doi: 10.23887/jppp.v4i2.27342.

At.2021, Afriyanti et. (2021). Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 4(2):338. doi: 10.23887/jp2.v4i2.35188.

Budiyani at. al. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 8(2):310–19.

Burhanuddin. (2019). Penelitian Tindakan Kelas.

Cahyo, Hendi Dwi, and Ika Maryani. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Quantum Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Penyesiaian Diri Makhluk Hidup Kelas V Sd Muhammadiyah Bausasran. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar) 1(3):201. doi: 10.12928/fundadikdas.v1i3.667.

Dhoni. (2017). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal 6–37.

Fabiana Meijon, Fadul. (2019). Ilmu Pengetahuan Alam. 6–21.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individually. 1–13.

Hanifah et al. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim 2(1):105–17. doi: 10.36088/manazhim.v2i1.638.

K.Khotimah dan Susi Darwati. 2018. “ASPEK-ASPEK DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN.” 1–14.

Krismony et al. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3(2):249. doi: 10.23887/jippg.v3i2.28264.

Lukitaningtyas, Dian. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Ips (Materi Manusia Pra-Aksara). 95–104.

Maharani, Shinta Pemelia. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Gaya Dan Gerak Berbasis Joomla Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Ivb Sdn Purwoyoso 03 Semarang. Digilib Universitas Negeri Semarang 1–202.

Miqwati, at. al. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. 1(1):30–38.

Muhammad, Maryam. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal 4(2):87. doi: 10.22373/lj.v4i2.1881.

Muhammad Maryam. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal 4(2):87. doi: 10.22373/lj.v4i2.1881.

Nafisah and Pramudiani. (2017). Media Pembelajaran Mempunyai Pengaruh Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2(1):259. doi: 10.17509/jpm.v2i1.14606.

Nurmiati, Hj. Baiq. (2018). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Mengoptimalkan Penerapan Model Discoveri Learning Di SD Negeri 2 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Mandala Education 4(2):242. doi: 10.36312/jime.v4i2.481.

Portanata, et al. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 3(1):337–48.

Pujaastawa, Ida Bagus GDE. (2018). Teknik Wawancara Dan Observasi Untuk Pengumpulan Bahan Informasi. Universitas Udayana 4.

Putu Sanjaya. (2020). Pentingnya Motivasi Intrinsik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu. Kaos GL Dergisi 8(75):147–54.

Restu Rahayu, et al. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu 5(4):2541–49.

Riadi, Akhmad. (2019). Peran Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education 6(1):41. doi: 10.30998/rdje.v6i1.4371.

Rijali, Ahmad. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33):81. doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Rohmah. (2016). Proksi Untuk Mengukur Tingkat Kepercayaan Dan Tingkat Motivasi Dalam Knowledge Sharing Mahasiswa Di Kelas Aplikasi Informasi Akuntansi. Jurnal Bisnis Darmajaya 2(1):14–20.

Rosinta Siburian et al. (2019). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 6(2):1–3.

Sadirman. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Dinamika Pendidikan 1(2):10–35.

Septianti, Nevi, and Rara Afiani. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. Vol. 2.

Setiawan, Yayan Eryk. (2017). Kaidah Penulisan Soal. Article Enciclopedia 1–24.

Sudibyo, et al. (2018). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 1(1):13. doi: 10.26740/jppipa.v1n1.p13-21.

Suharni, Suharni. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 6(1):172–84. doi: 10.31316/g.couns.v6i1.2198.

Sukardi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Percobaan Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. 139.

Sulastri et al. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di. Jurnal Kreatif Online 3(1):90–103.

Sulthon, Sulthon. (2017). Pembelajaran IPA Yang Efektif Dan Menyenangkan Bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 4(1). doi: 10.21043/elementary.v4i1.1969.

Sunarti. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Sd Karya Putra Surabaya. E-Jurnal UNESA Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1):1–5.

Suparyanto and Rosad. (2020). Motivasi Belajar. Suparyanto Dan Rosad (2015 5(3):248–53.

Sutarto, Sutarto. (2017). Teori Kognitif Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1(2):1. doi: 10.29240/jbk.v1i2.331.

Suwartiningsih, Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1(2):80–94. doi: 10.53299/jppi.v1i2.39.

Utomo et al. (2021). Pengaruh Motivasi, Gaya Belajar Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Di Smkn 1 Geger. Soedirman Economics Education Journal 3(1):66. doi: 10.32424/seej.v3i1.4016.

Wassahua, Sarfa. (2016). Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya 2013. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya 2(1):84–104.

Widianto, Suheri. (2020). Korelasi Motivasi, Fasilitas Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa. Awwaliyah : Jurnal PGMI 3(1):47–56.

Widiastuti, Ni Luh Gede Karang. (2018). Pendidikan IPA SD. Modul 1–85.

Yenggi. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Di Sd Muhammadiyah 1 Bontoala Kota Makassar. (8.5.2017):2003–5.

Yuniara, Emi. (2020). Pembelajaran Ipa Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Basicedu 4(2005):683–93.

Zuhana. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Di Kelas IV SD Negeri 05 Kota Mukomuko. ISEJ: Indonesian Science Education Journal 2(3):122–36.

Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPAS Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Pada Kelas IV di SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta

Downloads

Published

31-05-2023

How to Cite

Anggraini, R. ., & Maryani, I. (2023). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPAS Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Pada Kelas IV di SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(5), 208–222. https://doi.org/10.17977/um067v3i5p208-222

Issue

Section

Articles