Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v3i4p173-182Keywords:
Self-regulated learning, hasil belajar IPA, skala likertAbstract
Self-regulated learning (SRL) sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Implementasi SRL menjadi pertimbangan untuk mempersiapkan diri pada pendidikan selanjutnya karena sebagian siswa kelas V belum menerapkan SRL dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan SRL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD pada pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif metode deskriptif analisis. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 177 dari 6 SD di Kecamatan Kasihan. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner SRL dengan skala likert 1-5 dan dokumentasi hasil belajar IPA kelas V. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial (uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan self-regulated learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Kasihan dengan nilai signifikansi regresi linier sederhana sebesar 0,035 < 0,05 dengan perolehan persamaan regresi Y = 68,967 + 0,208X artinya SRL berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA. Nilai koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,025 menunjukkan bahwa SRL mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Kasihan sebesar 2,5%. Hal ini membuktikan bahwa self-regulated learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.
References
Anderson, L.W., dan Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman, Inc.
Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional.
Dibenedetto, M. K., & Zimmerman, B. J. (2010). Attaining Self Regulation: A Social Cognitive Perspective. In M. Boekaerts, P. Pintrich & M. Zeidner (Eds). Handbook of Self Regulation. Academic.
Gestiardi, R., & Maryani, I. (2020). Analisis self-regulated learning (SRL) siswa kelas VI sekolah dasar di yogyakarta. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 227. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7379
Partiwi, K. A., Arini, N. W., Widiana, I. W., Guru, P., & Dasar, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Bahasa Indonesia Terhadap Hasil Buleleng. 1–10.
Ramadhany, D., & Rosy, B. (2021). Pengaruh self regulated learning dan minat belajar terhadap hasil belajar PKK di SMKN 10 Surabaya. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 164–178. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/joa/article/view/42125
Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Prenada Media Group.
Sulisworo, D., Fitrianawati, M., & Maryani, I. (2020). Students ’ self-regulated learning ( SRL ) profile dataset measured during Covid-19 mitigation in Yogyakarta , Indonesia. Data in Brief, 33, 106422. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.106422
Vrieling, E., Bastiaens, T., & Stijnen, S. (2012). Effects of Increased Self-Regulated Learning Opportunities on Student Teachers ’ Motivation and Use of Metacognitive Skills Effects of Increased Self-Regulated Learning Opportunities on Student. 37(8).
Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. September 1989. https://doi.org/10.1037/0022-0663.81.3.329
Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement : An Overview. December. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501
![Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar](http://journal3.um.ac.id/public/journals/7/article_5090_cover_en_US.jpg)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.