How does online project-based learning inspire elementary school students' learning motivation in science subjects?

Authors

  • Anggi Anggi Universitas Ahmad Dahlan, Kragilan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia
  • Ika Maryani Universitas Ahmad Dahlan, Kragilan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia
  • Ragil Dian Purnama Putri Universitas Ahmad Dahlan, Kragilan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55191, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v3i4p183-192

Keywords:

online, project-based learning, motivation, Science

Abstract

Model pembelajaran yang melibatkan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga mendorongnya untuk mencapai tujuan belajar. Project-based learning (PjBL) menjadi salah satu model yang direkomendasikan. Namun demikian, belum ada kajian spesifik yang membahas bagaimana PjBL online dapat menggugah motivasi belajar siswa SD pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PjBL online terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas 5 SD.  Quasi experiment dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design digunakan sebagai metode penelitian. Sebanyak 18 siswa SD kelas 5 di Yogyakarta terpilih sebagai sampel secara random. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif (mean, standard eviasi, dan persentase) serta statistic inferensial (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata motivasi naik dari skor 61 ke 65. Kategori motivasi dari pretes ke postes naik dari kriteria sedang, tinggi, sangat tinggi menjadi tinggi-sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan sig.2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak (ada pengaruh signifikan dari PjBL online terhadap motivasi belajar siswa SD pada subjek IPA.  Model PjBL online terbukti melibatkan siswa sejak awal sintaks pembelajaran. Ini juga menuntut kemandirian siswa secara individu dan kelompok dalam menyelesaikan tantangan dan dari guru. Melalui PjBL online, siswa diharapkan mampu memaksimalkan potensinya untuk menyelesaikan masalah kontekstual melalui keterlibatannya secara aktif di dalam kelas.

References

Bui, T. T. H., Kaur, A., & Trang Vu, M. (2021). Effectiveness of technology-integrated project-based approach for self-regulated learning of engineering students. Https://Doi.Org/10.1080/03043797.2021.2016636, 47(4), 591–605. https://doi.org/10.1080/03043797.2021.2016636

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2012). Self-determination theory. Handbook of Theories of Social Psychology, 1(1), 416–437. https://doi.org/10.4135/9781446249215.N21

Dorina, A., Enjelia, Y., Jones, I., Tjoa, K., Andika, M. T., Budiono, P., & Edi. (2021). Pengembangan Metode Belajar Online di Masa Pandemi pada Tingkat Sekolah Dasar di SD Kaliban. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3.

Faturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif : Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. ar.

Halabi, O. (2020). Immersive virtual reality to enforce teaching in engineering education. Multimedia Tools and Applications, 79(3–4), 2987–3004. https://doi.org/10.1007/S11042-019-08214-8/FIGURES/7

Han, S., Hong, R., An, X., & Li, Y. (2020). Case Study of Teacher Training for Project STEM Course. Journal of Education and Training Studies, 8(10). https://doi.org/10.11114/jets.v8i10.4956

Maryani, I., & Fatmawati, L. (2018). Pendekatan scientific dalam pembelajaran di sekolah dasar: teori dan praktik. Deepublish.

Maryani, I., Prasetyo, Z. K., Wilujeng, I., & Purwanti, S. (2022). Promoting higher-order thinking skills during online learning: The integration of metacognition in science for higher education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4), 1980–1988. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.23129

Maryani, I., Putri, D. R., Urbayatun, S., Suyatno, & Bhakti, C. P. (2020). Metacognition and integrated-project based learning (I-PjBL) in elementary schools. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1046–1054. https://doi.org/10.13189/UJER.2020.080339

Mou, T. Y. (2021). Online learning in the time of the COVID-19 crisis: Implications for the self-regulated learning of university design students. Active Learning in Higher Education. https://doi.org/10.1177/14697874211051226/ASSET/IMAGES/LARGE/10.1177_14697874211051226-FIG14.JPEG

Nurhayati, E., Riyan Rizaldi, D., & Fatimah, Z. (2021). The effectiveness of project-based learning with the blended learning system to improve 21st century skills during the covid-19 pandemic. Jurnal Scientia, 9(2), 46–52. http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. November, 289–302.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Rajawali Pers.

Scarbrough, H., Swan, J., Laurent, S., Bresnen, M., Edelman, L., & Newell, S. (2016). Project-Based Learning and the Role of Learning Boundaries. Http://Dx.Doi.Org/10.1177/0170840604048001, 25(9), 1579–1600. https://doi.org/10.1177/0170840604048001

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257

Zarouk, M., Zarouk, M., Olivera, E., Peres, P., & Khaldi, M. (2020). The Impact of Flipped Project-Based Learning on Self-Regulation in Higher... International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(17), 127–147.

How does online project-based learning inspire elementary school students' learning motivation in science subjects?

Downloads

Published

30-04-2023

How to Cite

Anggi, A., Maryani, I., & Dian Purnama Putri, R. . (2023). How does online project-based learning inspire elementary school students’ learning motivation in science subjects?. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(4), 183–192. https://doi.org/10.17977/um067v3i4p183-192

Issue

Section

Articles