How does online project-based learning inspire elementary school students' learning motivation in science subjects?
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v3i4p183-192Keywords:
online, project-based learning, motivation, ScienceAbstract
Model pembelajaran yang melibatkan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga mendorongnya untuk mencapai tujuan belajar. Project-based learning (PjBL) menjadi salah satu model yang direkomendasikan. Namun demikian, belum ada kajian spesifik yang membahas bagaimana PjBL online dapat menggugah motivasi belajar siswa SD pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh PjBL online terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas 5 SD. Quasi experiment dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design digunakan sebagai metode penelitian. Sebanyak 18 siswa SD kelas 5 di Yogyakarta terpilih sebagai sampel secara random. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif (mean, standard eviasi, dan persentase) serta statistic inferensial (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata motivasi naik dari skor 61 ke 65. Kategori motivasi dari pretes ke postes naik dari kriteria sedang, tinggi, sangat tinggi menjadi tinggi-sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan sig.2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak (ada pengaruh signifikan dari PjBL online terhadap motivasi belajar siswa SD pada subjek IPA. Model PjBL online terbukti melibatkan siswa sejak awal sintaks pembelajaran. Ini juga menuntut kemandirian siswa secara individu dan kelompok dalam menyelesaikan tantangan dan dari guru. Melalui PjBL online, siswa diharapkan mampu memaksimalkan potensinya untuk menyelesaikan masalah kontekstual melalui keterlibatannya secara aktif di dalam kelas.
References
Bui, T. T. H., Kaur, A., & Trang Vu, M. (2021). Effectiveness of technology-integrated project-based approach for self-regulated learning of engineering students. Https://Doi.Org/10.1080/03043797.2021.2016636, 47(4), 591–605. https://doi.org/10.1080/03043797.2021.2016636
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2012). Self-determination theory. Handbook of Theories of Social Psychology, 1(1), 416–437. https://doi.org/10.4135/9781446249215.N21
Dorina, A., Enjelia, Y., Jones, I., Tjoa, K., Andika, M. T., Budiono, P., & Edi. (2021). Pengembangan Metode Belajar Online di Masa Pandemi pada Tingkat Sekolah Dasar di SD Kaliban. Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3.
Faturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif : Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. ar.
Halabi, O. (2020). Immersive virtual reality to enforce teaching in engineering education. Multimedia Tools and Applications, 79(3–4), 2987–3004. https://doi.org/10.1007/S11042-019-08214-8/FIGURES/7
Han, S., Hong, R., An, X., & Li, Y. (2020). Case Study of Teacher Training for Project STEM Course. Journal of Education and Training Studies, 8(10). https://doi.org/10.11114/jets.v8i10.4956
Maryani, I., & Fatmawati, L. (2018). Pendekatan scientific dalam pembelajaran di sekolah dasar: teori dan praktik. Deepublish.
Maryani, I., Prasetyo, Z. K., Wilujeng, I., & Purwanti, S. (2022). Promoting higher-order thinking skills during online learning: The integration of metacognition in science for higher education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4), 1980–1988. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.23129
Maryani, I., Putri, D. R., Urbayatun, S., Suyatno, & Bhakti, C. P. (2020). Metacognition and integrated-project based learning (I-PjBL) in elementary schools. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1046–1054. https://doi.org/10.13189/UJER.2020.080339
Mou, T. Y. (2021). Online learning in the time of the COVID-19 crisis: Implications for the self-regulated learning of university design students. Active Learning in Higher Education. https://doi.org/10.1177/14697874211051226/ASSET/IMAGES/LARGE/10.1177_14697874211051226-FIG14.JPEG
Nurhayati, E., Riyan Rizaldi, D., & Fatimah, Z. (2021). The effectiveness of project-based learning with the blended learning system to improve 21st century skills during the covid-19 pandemic. Jurnal Scientia, 9(2), 46–52. http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. November, 289–302.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Rajawali Pers.
Scarbrough, H., Swan, J., Laurent, S., Bresnen, M., Edelman, L., & Newell, S. (2016). Project-Based Learning and the Role of Learning Boundaries. Http://Dx.Doi.Org/10.1177/0170840604048001, 25(9), 1579–1600. https://doi.org/10.1177/0170840604048001
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Wulandari, F. E. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 247. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.257
Zarouk, M., Zarouk, M., Olivera, E., Peres, P., & Khaldi, M. (2020). The Impact of Flipped Project-Based Learning on Self-Regulation in Higher... International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(17), 127–147.
![How does online project-based learning inspire elementary school students' learning motivation in science subjects?](http://journal3.um.ac.id/public/journals/7/article_5089_cover_en_US.jpg)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.