Pemanfaatan Metode Sodetan dalam Pembuatan Pembangkit Micro Hydro sebagai Upaya Mengurangi Kekurangan Energi Listrik di Desa Wonorejo

Authors

  • Dzul Fikri Muhammad Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mohammad Musthofa Al Ansyorie Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Muhammad Aris Ichwanto Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aripriharta Aripriharta Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Anie Yulistyorini Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Muhammad Hasan Firdiansyah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Manajemen, Pakan Organik, Peningkatan Ekonomi

Abstract

Desa Tempursari memiliki penduduk sebanyak 6000 jiwa serta kepadatan sekitar 345 jiwa/km2. Mayoritas Profesi penduduk Desa Tempursari sendiri yaitu petani dan peternak, salah satunya adalah peternak kambing tradisional[2]. Desa tempursari merupakan daerah dengan curah hujan yang cukup tinggi, akan tetapi pada musim kemarau daerah ini tergolong cukup gersang, sehingga pada saat musim kemarau menyebabkan ketersediaan rumput untuk pakan ternak kambing berkurang. Sehingga, para peternak tradisional di Desa Tempursari mengalami kesulitan dalam mendapatkan pakan ternak yang baik. Hal ini merupakan salah satu problematika yang dialami para peternak di Desa Tempursari disetap tahunnya. Permasalahan ini akan berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak karena kurangnya asupan yang baik. Permasalah tesebut perlu segera diatasi agar para peternak tidak mengalami kesulitan dalam mendapatkan pakan ternak pada musim kemarau dan hewan ternak tetap mendapatkan asupan yang baik. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan pengembangan manajemen pusat pakan ternak kambing fermentasi organik di Desa Tempursari. Manajemen Pusat pakan ternak kambing fermentasi organik diharapkan dapat menjadi solusi jangka pendek dan jangka Panjang dalam mengatasi keterbatasan tersedianya pakan kambing di musim kemarau. Sehingga para peternak tidak mengalami kesulita dalam mencari dan menyediakan pakan kambing, serta kambing bisa mendapatkan asupan yang lebih berkualitas. Selain itu, dengan adanya pusat pakan ternak kambing fermentasi organik dapat menjadi pemasukan tambahan bagi masyrakat sekitar.

References

N. F. Muhith, “Optimalisasi Infaq Masjid untuk Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid,” Proc. Int. Conf. Univ. Community Engagem., pp. 2–5, 2016.

N. N. Suryani, I. K. M. Budiasa, and I. P. A. Astawa, “Fermentasi Rumen dan Sintesis Protein Mikroba Kambing Peranakan Ettawa yang Diberi Pakan dengan Komposisi Hijauan Beragam dan Level Konsentrat Berbeda,” Maj. Ilm. Peternak., vol. 17, no. 2, pp. 56–60, 2014.

L. L. Munawaroh, I. G. S. Budisatria, and B. Suwignyo, “Pengaruh Pemberian Fermentasi Complete Feed Berbasis Pakan Lokal Terhadap Konsumsi, Konversi Pakan, Dan Feed Cost Kambing Bligon Jantan,” Bul. Peternak., vol. 39, no. 3, p. 167, 2015, doi: 10.21059/buletinpeternak.v39i3.7984.

N. T. M. B. Kabeakan, M. Alqamari, and M. Yusuf, “Pemanfaatan Teknologi Fermentasi Pakan Komplet Berbasis Hijauan Pakan Untuk Ternak Kambing,” J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 196–203, 2020.

N. I. F. Nisa, A. Aminudin, and Y. A. Fahrudi, “Aplikasi Mesin Pencacah Pakan Ternak Serbaguna Sebagai Upaya Mengurangi Pengolahan Pakan Ternak Secara Konvensional,” JAST J. Apl. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 1, p. 43, 2019, doi: 10.33366/jast.v3i1.1284.

Downloads

Published

26-12-2023

How to Cite

Fikri Muhammad, D. ., Musthofa Al Ansyorie, M. ., Aris Ichwanto, M. ., Aripriharta, A., Yulistyorini, A. ., & Hasan Firdiansyah, M. . (2023). Pemanfaatan Metode Sodetan dalam Pembuatan Pembangkit Micro Hydro sebagai Upaya Mengurangi Kekurangan Energi Listrik di Desa Wonorejo. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(2), 68–73. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/4849

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)