Peningkatan Produksi Perkebunan Tebu dengan Bahan Baku Mool Organik dan Pupuk Organik Limbah Panen Tebu di Desa Donomulyo

Authors

  • Imam Alfianto Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Muhammad Aris Ichwanto Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Mohammad Musthofa Al Ansyorie Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Surya Adi Saputra Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ageng Cahyono Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nur Ira Mega Maharani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Limbah Panen Tebu, Pupuk Organik, Mool Organik

Abstract

Desa Donomulyo memiliki komoditas berupa pertanian dan perkebunan. Perkebunan tebu merupakan salah satu andalan desa ini. Berdasarkan data yang diberikan oleh pemerintah desa Donomulyo, sekitar 67% lahan atau seluas 51 hektar merupakan lahan perkebunan tebu produktif. Rata-rata hasil tahunan tebu sekitar 70 ton/hektar per tahun. Di sisi lain, pemerintah menghapus kebijakan subsidi pupuk. Hal ini menyebabkan tanaman tebu masyarakat gagal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan limbah tebu adalah dengan menjadi mool organik dan pupuk organik. Teknologi pengolahan limbah tebu adalah dengan membuat komposter untuk pengomposan limbah panen tebu. Selain menggunakan komposter, mesin pencacah juga dibutuhkan untuk proses pembuatan pupuk organik dari sampah organik dan kotoran hewan. Dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi optimalisasi peningkatan perekonomian masyarakat Desa Donomulyo dari limbah panen tebu menjadi mol organik dan pupuk organik.

References

Amie, N. L. L., & Nugraha, A. (2014). Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu Melalui Desain Produk Perlengkapan Rumah. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa Dan Desain, 1, 1–7.

Cikarang, B. (2017). TONG SUPER; Mandiri dalam Mereduksi Sampah Organik di Dapur Rumah Tangga. 1–4.

Darwis, Valeriana dan Nurmanaf, A. R. (2016). Kebijakan Distribusi, Tingkat Harga dan Penggunaan Pupuk di Tingkat Petani.

Hendaryanto, I. A. (2018). Pembuatan Mesin Pencacah Sampah Organik Untuk Swadaya Pupuk di Desa Tancep Kecamatan Ngawen Kabupaten Gunungkidul. Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakt.

Kautsar, M. R., Sofyan, & Makmur, T. (2020). Analisis Kelangkaan Pupuk Bersubsidi dan Pengaruhnya terhadap Produktivitas Padi (Oryza sativa) di Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, 5(1), 97–107.

Khuluq, A. D. (2016). Potensi Pemanfaatan Limbah Tebu sebagai Pakan Fermentasi Probiotik. Buletin Tanaman Tembakau, Serat & Minyak Industri, 4(1), 37. https://doi.org/10.21082/bultas.v4n1.2012.37-45

Muhsin, A. (2011). Pemanfaatan limbah hasil pengolahan pabrik tebu blotong menjadi pupuk organik.

Pelatihan, M., Project, I., Collaborative, P. E., Management, S. F., Aro, I. N. D., Of, F., & Ipb, F. (2006). Oleh : Iskandar Z. Siregar dan Sri Wilarso Budi R. 3(May), 40–47.

Pendidikan, J., Dan, M., & Pengetahuan, I. (2016). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sanata dharma 2016.

Rahman, B. (2016). Kebijakan Subsidi Pupuk: Tinjauan terhadap Aspek Teknis, Manajemen, dan Regulasi. Pusat Analisis Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian.

Sumartini, A. R., Indriyani, N. M. V., & Putra, I. W. G. Y. D. (2021). PKM pemasaran komposter pengolahan sampah organik menjadi pupuk pada kelompok usaha tebe komposter di Badung. International Journal of Community Service Learning, 2, 5.

Syamsul, N. I., Bahri, S., Hanafi, R., Amar, K., Asmal, S., Mardin, F., & Rusman, M. (2021). Sosialisasi Alat Composter Pengolahan Limbah Dapur Untuk Anthophile. Tepat (Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat), 4(2), 240–251.

Wijaya, Muhammad dan Wiharto, M. (2021). PKM Kelompok Petani Tebu Berbasis Limbah Tebu di Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar.

Z, A. (2020). Sosialiasi dan Pelatihan Pengolahan Sampah di Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Jurnal Pengabdian Vokasi, 4, 1.

Zain, I. A. M. M. (2022). Sosialiasi dan Pelatihan Pengolahan Sampah di Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Deepublish.

Downloads

Published

28-12-2023

How to Cite

Alfianto, I. ., Aris Ichwanto, M. ., Musthofa Al Ansyorie, M., Adi Saputra, S. ., Cahyono, A. ., & Ira Mega Maharani, N. . (2023). Peningkatan Produksi Perkebunan Tebu dengan Bahan Baku Mool Organik dan Pupuk Organik Limbah Panen Tebu di Desa Donomulyo. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(3), 88–99. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/4869

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)