Pengembangan model antrian multi channel single phase berbasis distribusi burr (Studi Kasus di PT Pos Indonesia (Persero) Malang)

Authors

  • Dwi Rahmawati Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Hendro Permadi Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model antrian yang representatif dan menghitung ukuran performansi pada antrian pelanggan di PT Pos Indonesia (Persero) Malang. Data yang digunakan adalah data jumlah kedatangan pelanggan, data waktu antar kedatangan pelanggan dan data waktu pelayanan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di PT Pos Indonesia (Persero) Malang pada server 5 sampai 10. Data penelitian ini diambil pada tanggal 20 Juni 2015. Tanggal 20 merupakan tanggal jatuh tempo untuk pembayaran rekening listrik, rekening PDAM dan rekening telepon sehingga pada tanggal tersebut sering terjadi antrian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh model antrian G/G/6: FCFS/∞/∞, dengan G merupakan simbol pengganti untuk Distribusi Burr. Hasil ukuran performansi diperoleh tingkat kegunaan fasilitas (ρ) sebesar 92,4%, rata-rata pelanggan dalam antrian 〖(L〗_q) adalah 4 orang, rata-rata pelanggan dalam sistem 〖(L〗_s) adalah 10 orang, waktu rata-rata pelanggan menunggu dalam antrian 〖(W〗_q) adalah 2.43 menit dan waktu rata-rata pelanggan menunggu dalam sistem 〖(W〗_s) adalah 5.8 menit.

References

Bronson, R., dkk. 1996. Teori dan Soal-Soal Riset Operasi. Jakarta: Erlangga.

Goulet, V., dkk. 2015. Actuarial Functions and Heavy Tailed Distribution, (Online), (https://www.stat.auckland.ac.nz/~Goulet/Actuar), diakses pada 7 Oktober 2015.

Hall, R.W. 2013. Queueing Methods for Services and Manufacturing. New Jersey: Prentice-Hall.

Kleiber, C. & Kotz, S. 2003. Statistical Size Distribution in Economics and Actuarial Sciences. Hoboken,NJ: Wiley-Interscience.

Mathwave. 2004. Anderson Darling Test., (Online), (http://mathwave.com/help/analyses/goodness_of_fit/anderson-darling/html), diakses pada 10 Oktober 2015.

Okasha, M.K. & Matter, M.Y 2015. On The Three-Parameter Burr Type XII Distribution and Its Application to Heavy Tailed Lifetime Data. Journal of Advances in Mathematics, 10(4): (3430-3442).

Yee, T.W. 2006. Writing VGAM Family Function, (Online), (http://stat.auckland.ac.nz), diakses pada 7 Oktober 2015

Yee, T.W. 2015. Vector Generalized Linear and Additive Models. New York: Springer, (Online), (https://www.stat.auckland.ac.nz/~yee/VGAM), diakses pada 18 September 2015.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Rahmawati, D. ., & Permadi, H. (2023). Pengembangan model antrian multi channel single phase berbasis distribusi burr (Studi Kasus di PT Pos Indonesia (Persero) Malang). Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(12). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3670

Issue

Section

Articles