Analisis cluster dan analisis diskriminan terhadap kualitas pendidikan sekolah menengah pertama (studi kasus pengelompokan kualitas pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) berdasarkan mutu pendidikan di kota wisata batu)

Authors

  • Dhita Nur Oktaviani Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Trianingsih Eni Lestari Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Mutu pendidikan adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh jasa pelayanan pendidikan secara internal, maupun eksternal yang menunjukkan kemampuannya, memuaskan kebutuhan yang diharapkan, atau yang tersirat mencakup input, proses, dan output pendidikan. Mutu pendidikan yang dimaksudkan dalam penelitian ini, meliputi sumber daya manusia, sarana prasarana, capaian UN dan akreditasi sekolah.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah analisis cluster dan analisis diskriminan untuk mengelompokkan kualitas pendidikan SMP di Kota Wisata Batu berdasarkan mutu pendidikan. Pengelompokan dilakukan pada 26 SMP dengan analisis cluster menggunakan metode hierarki. Indeks validitas yang digunakan untuk mengetahui jumlah kelompok optimum dari kelima metode tersebut adalah RMSSTD (Root Mean Square Standart Deviation). Pengujian ketepatan klasifikasi pengelompokan tersebut menggunakan analisis diskriminan berdasarkan hasil pengelompokan dengan analisis cluster. Pada analisis cluster, ukuran jarak yang digunakan adalah jarak Mahalanobis karena terdapat multikolinearitas dan diperoleh nilai indeks RMSSTD terkecil adalah 10,629 yaitu pada metode Ward dengan jumlah kelompok sebanyak 4. Pengelompokan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh faktor-faktor dominan seperti rata-rata ujian nasional, akreditasi sekolah, ratio siswa/guru, jumlah tenaga kependidikan, serta jumlah ruang kelas yang dapat diketahui dari hasil analisis diskriminan. Analisis diskriminan menggunakan data faktor skor (score factors) hasil dari analisis faktor dengan metode eksplorasi komponen utama. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ketepatan klasifikasi berdasarkan analisis cluster dengan metode hierarki adalah sebesar 80,8%. Hal ini berarti 80,8% dari 26 data yang diolah telah dimasukkan pada kelompok yang sesuai dengan data semula.

References

Bush & Coleman. 2012. Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan. Jogjakarta: Ircisod.

Data Sekolah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online), (sekolah.data.kemdikbud.go.id), diakses tanggal 02 Maret 2016.

Durak, Bahadir. 2011. A Classification Algorithm Using Mahalanobis Distance Clustering of Data with Application on Biomedical Data Set. Thesis. Partial Fullfillment of the Requirements or the Degree of Master of Science, Industrial Engineerin Department, Middle East Technical University.

Fattah, Nanang. 2012. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit-Undip.

Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L. and Black, W. C. 2006. Multivariate Data Analysis, Sixth Edition. United States of America : Pearson Prentice Hall.

Imam, Saudi. 2010. Analisis Hubungan Rata-Rata IPK dan Lama Studi Mahasiswa ITS dengan WEB Personal Dosen ITS dengan Menggunakan Analisis Faktor. Jurnal Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Johnson R. A. & Wichern D. W. 1992. Applied Multivariate Statistical Analysis. United States of America : A Simon & Schuster Company Englewood Cliffs.

Rachmatin, Dewi. 2014. Aplikasi Metode-Metode Agglomerative dalam Analisis Klaster pada Data Tingkat Polusi Udara. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahmatina, Desi. 2012. Analisis Diskriminan dalan Mengklasifikasikan Predikat Kesehatan Bank (Studi Kasus pada Bank UMM Syari’ah). Jurnal FMIPA Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Rahmawati, dkk. 2008. Analisis Kelompok dengan Menggunakan Metode Hierarki Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Jawa Timur Berdasar Indikator Kesehatan. Jurnal FMIPA Universitas Negeri Malang.

Rencher, Alfin C. 2002. Method of Multivariate Analysis. Second Edition. New York: Jhon Wiley & Sons, Inc.

Salazar GEJ, Veles AC, Parra MCM, Ortega LO. 2002. A Cluster Validity Index for Comparing Non-hierarchial Clustering http://citeseer.ist.psuMethods.edu/rd/salazar02cluster.pdf (diakses 20 Maret 2016)

Santoso, Singgih. 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Sarwono, Jonathan. 2013. Statistik Multivariat Aplikasi untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Seber, G. A. F. 1983. Multivariate Observations. Auckland New Zealand.

Sharma, Subhas. 1996. Applied Multivariate Techniques. New York: John Wiley and Sons, Inc.

Simamora, Bilson. 2002. Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soemartini. 2008. Principal Component Analysis (PCA) Sebagai Salah Satu Metode untuk Mengatasi Masalah Multikolinearitas. Bahan Ajar, Jurusan Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjajaran Jatinangor.

Suryanto. 1988. Metode Statistika Multivariat. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Tinggi Tenaga Kependidikan.

Yatskiv, I., dan Gusarova, L. 2004. The Method of Cluster Analysis Result Validation. Proceedings of International Conference RelStat’04 part 1: 75-80.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Oktaviani, D. N. ., & Lestari, T. E. (2023). Analisis cluster dan analisis diskriminan terhadap kualitas pendidikan sekolah menengah pertama (studi kasus pengelompokan kualitas pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) berdasarkan mutu pendidikan di kota wisata batu). Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(12). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3669

Issue

Section

Articles