Peramalan jumlah wisatawan mancanegara ke indonesia dengan menggunakan metode autoregressive integrated moving average with exogenous variable (ARIMAX) efek variasi kalender libur akhir tahun

Authors

  • Fitria Rahmawati Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Trianingsih Eni Lestari Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia merupakan salah satu andalan untuk menyerap devisa Negara. Salah satunya dari wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia, dimana biasanya meningkat pada libur akhir tahun. Besarnya potensi ini membuat para investor asing berlomba-lomba menanamkan modal untuk membangun hotel yang dapat berakibat over supply. Untuk menangani hal tersebut diperlukan prediksi jumlah wisatawan yang akurat dengan melakukan peramalan yaitu dengan analisis deret waktu. Ketika data deret waktu memiliki variabel lebih dari satu yang disebut juga sebagai data multivariat misalkan dengan adanya penambahan variabel dummy efek variasi kalender libur akhir tahun maka salah satu metode peramalan yang bisa digunakan adalah dengan Autoregressive Integrated Moving Average with Exogenous Variable (ARIMAX) Efek Variasi Kalender. Metode ARIMAX adalah modifikasi dari model ARIMA Seasonal dengan penambahan variabel eksogen yaitu variabel dummy dan periode waktu.
Dengan melihat permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui model deret waktu terbaik untuk meramalkan jumlah wisatawan mancanegara dengan metode ARIMAX serta mengetahui hasil peramalan jumlah wisatawan mancanegara dengan metode ARIMAX. Berdasarkan hasil analisis terhadap jumlah wisatawan mancanegara, diperoleh bahwa model terbaik peramalan sebagai berikut
Y_t=475158,2+98619,9D_1t+3650,5t+a_t 〖(1- 0,22055B)〗^(-1) 〖(1-0,48107B^12)〗^(-1)
Dari model diatas diketahui bahwa peramalan untuk data ke-t dipengaruhi oleh efek variasi kalender libur akhir tahun dan periode waktu pada saat ke-t. Dan hasil peramalan jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia dengan metode ARIMAX pada bulan Januari 2016 dan bulan februari 2016 sebesar 814052,96 dan 858423,27 orang.

References

Badan Pusat Statistik. 2016. Jumlah Kedatangan Wisatawan Mancanegara per Bulan ke Indonesia Menurut Pintu Masuk.(Online), (https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/807), diakes 10 Januari 2016.

Cryer, J.D., dan Chan, K. S. 2008. Time Series Analysis: with Application in R. 2nd edition. New York: Springer Verlag.

Dini, S. D, Suhartono, & Haryono. 2012. Peramalan Kebutuhan Premium dengan Metode ARIMAX untuk Optimasi Persediaan di Wilayah TBBM Madiun. Jurnal Sains dan Seni ITS,Vol.1, No.1.

Lee, M.H, dan Suhartono. 2010. Calendar Variation Model Based on ARIMAX for Forecasting Sales Data with Ramadhan Effect. Jurnal disajikan dalam Proceedings of the Regional conference on Statistical Sciences (RCSS’10), Malaysia, Juni.

Narchrowi, N.D dan Usman, Hardius. 2002. Penggunaan Teknik Ekonometri. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wei, W.W.S., 2006. Univariate and Multivariate Method. 2th edition. USA: Pearson Education, Inc.

Downloads

Published

07-05-2023

How to Cite

Rahmawati, F. ., & Lestari, T. E. . (2023). Peramalan jumlah wisatawan mancanegara ke indonesia dengan menggunakan metode autoregressive integrated moving average with exogenous variable (ARIMAX) efek variasi kalender libur akhir tahun. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(11). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3659

Issue

Section

Articles