Pengembangan paket ipa terpadu berbasis inkuiri dengan tema cahaya sebagai peluang untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP kelas VIII semester II

Authors

  • Riski Lutfiani
  • Supriyono Koes H.
  • Metri Dian Insani

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i3p180-188

Keywords:

integrated science package, paket IPA terpadu, inquiry, inkuiri, conceptual comprehension, pemahaman konsep, light, cahaya

Abstract

The purpose of this research was to produce an intregated science package contained light theme based on inquiry as an opportunity to improve conceptual comprehension. The research used Borg and Gall’s developing model. The result of this research is integrated science package were include of student handbook and teacher guidance book. The feasibility test result were 4,35 of mean score for student handbook, validation test of teacher handbook was 4,26 and small group test result was 4,32 of mean score. Based on the assessment, the developed learning package could improve the conceptual comprehension. This research require to test-drive furthermore because this development research only small group test.

 

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk paket IPA terpadu berbasis inkuiri pada tema cahaya sebagai peluang untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (2009). Hasil dari penelitian ini adalah paket IPA terpadu berupa buku pegangan siswa dan buku panduan guru. Hasil validasi menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh buku pegangan siswa sebesar 4.35 dengan kriteria sangat valid, nilai rata-rata buku panduan guru sebesar 4.26 dengan kriteria sangat valid, dan hasi uji coba kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata sebesar 4.32 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan penilaian tersebut, paket yang telah dikembangkan diprediksi mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini perlu diuji coba lebih lanjut karena pada penelitian pengembangan ini hanya sampai uji coba kelompok kecil.

References

Aisya, N., Wibowo, Y. & Aminatu, T. (2014). Pengaruh Pembelajaran Socio Scientific Issues Terhadap Pemahaman Konsep dan Reflective Judgment Siswa SMA pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 1 (1): 1-11

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakte., jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Praktek: Edisi Revisi IV. Jakarta: Pendekatan PT. RINEKA CIPTA, Jakarta.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Bachtiar, H. (2010). Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme dengan Tema Pemanasan Global bagi Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Singosari. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Malang : Malang

Balım, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students' Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research (EJER), (35).

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Istiani, R. M., & Retnoningsih, A. (2015). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar menggunakan metode post to post pada materi klasifikasi makhluk hidup. Journal of Biology Education, 4(1).

Jannah, M. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi nilai karakter melalui inkuiri terbimbing materi cahaya pada siswa kelas VIII sekolah menengah pertama. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2012). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Biology Education, 1(1).

Koes H, S. (2006). Kajian Pelaksanaan Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Jawa Timur. Jurnal Foton Vol 10 No 2 Agustus 2006.

Koes H, S. (2010). Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Kontruktivisme Untuk Menumbuhkan Kompetensi IPA. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.

Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Kusumawardhany, S. (2012). Pengaruh Pendekatan Salingtemas Pada Proses Pembelajaran Pencemaran Lingkungan terhadap Sikap Positif dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VII. E Jurnal Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, (Online), (http:/journal.uny.ac.id/sju/index.php), diakses 8 Juni 2016.

Lane, J. L. (2007). Inquiry Based Learning. Penn State: Schreyer Institute for Teaching Excellence, University Park. (Online), (www.schreyerinstitute.psu.edu), diakses 1 Juni 2016.

Lawson, A. E. (2000). Managing the inquiry classroom: problems & solutions. The American Biology Teacher, 62(9), 641-648.

Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu SMP. Unnes Journal of Innovative Science Education. (Online). 1 (1): 61-69

Novana, T. (2014). Pengembangan modul inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal pada materi tumbuhan lumut (Bryophyta) dan tumbuhan paku (Pteridophyta) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Novitaningrum, M., Parmin, P., & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Handout Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri Pada Tema Mata Untuk Kelas IX Siswa MTS Al-Islam Sumurejo. Unnes Science Education Journal, 3(2).

Penyusun, T. (2013). Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Poerwati, E. L dan Amri, S. (2013). Panduan Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Prayitno, B. A. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Biologi SMP Berbasis Inkuiri Terbimbing dipadu Kooperatif STAD serta Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Metakognisi, dan Keterampilan Proses Sains.(Disertasi). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trian, E. A., Haryani, S., & Sedyawati, S. M. R. (2013). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berkarakter pada Tema Pengelolaan Lingkungan untuk Kelas VII SMP. Unnes Science Education Journal, 2(2).

Utami, F. N., Ridlo, S., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Lks Ipa Terpadu Berbasis Permainan Edukatif Tema Tekanan Dalam Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Wisudawati, A. W. & Sulistyowati, E. (2015). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

31-03-2021

How to Cite

Lutfiani, R. ., Koes H., S., & Dian Insani, M. . (2021). Pengembangan paket ipa terpadu berbasis inkuiri dengan tema cahaya sebagai peluang untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP kelas VIII semester II. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(3), 180–188. https://doi.org/10.17977/um067v1i3p180-188

Issue

Section

Articles