Pengembangan paket ipa terpadu berbasisi inkuiri tema peredaran darah manusia untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII SMP/MTs

Authors

  • Eka Trisnawati
  • Supriyono Koes H.
  • Metri Dian Insani

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i2p129-136

Keywords:

science package, paket IPA terpadu, inquiry, inkuiri, creativity, kreativitas, human blood circulation, peredaran darah manusia

Abstract

The purpose of this research was to produce an integrated science package based on inquiry on human blood circulation theme to improve the creativity of the 8th graders of junior high school. The research used ADDIE (2009) developing model. The result of product development was integrated science package for students and teacher’s guideline. Based on the result of feasibility test, 92.53 percent for its content feasibility and 88.96 percent for its presentation feasibility which meant very feasible, it was predicted that the product feasibility in improving students creativity was 85.00 percent which meant very feasible. Feasibility test of teacher’s guideline the percentage of content and presentation feasibility was 88.96 percent which meant very feasible. On the readable test, it was obtained 89.94 percent which meant very feasible. Based on those result, science package must be tested wildely for feasibility.

 

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Paket IPA Terpadu berbasis inkuiri tema peredaran darah manusia untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan model pengembangan ADDIE (2009). Hasil  dari penelitian ini adalah Paket IPA Terpadu untuk siswa dan  Panduan Guru. Hasil validasi menunjukkan bahwa uji kelayakan isi dan kelayakan penyajian  Paket IPA Terpadu memperoleh persentase sebesar 92,53 persen dan 88,96 persen dengan kriteria sangat layak, prediksi kemampuan Paket IPA Terpadu untuk meningkatkan kreativitas memperoleh persentase sebesar 85,00 persen dengan kriteria sangat layak. Uji kelayakan Panduan Guru memperoleh persentase sebesar 88,96 persen. Berdasarkan uji keterbacaan terbatas yang dilakukan, rata-rata nilai persentase yang diperoleh adalah 84,94 persen. Berdasarkan hasil yang diperoleh, agar Paket IPA Terpadu layak digunakan perlu diadakan uji coba lapangan secara luas.

References

Bachtiar, R. W. (2010). Pengembangan paket IPA terpadu berbasis konstruktivisme dengan tema peredaran darah untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 20 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Branch, Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia

Khairani, L.R. dan Yulina, A.F. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia MA PP. Hasanatul Barokah Tambusai Rokan Hulu Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Biologi. (Online), 1 (1) (2015)

Koes H., S., Imam P., T., dan Parlan. (2010). Pengembangan Paket IPA Terpadu Berbasis Konstruktivisme Untuk Menumbuhkan Kompetensi Siswa. Laporan Penelitian Hibah Bersaing.

Munandar, S. U. (1987). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah: penuntun bagi guru dan orang tua. Penerbit PT. Gramedia, Jakarta.

Nyeneng, I. D. P., & Ertikanto, C. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Elatisitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1).

Pendidikan, K., & Indonesia, K. R. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 68 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. PERMENDIKBUD,(Jakarta, Kemendikbud). Jakarta: Kemdikbud.

Prestasi, M., & Akuntansi, P. B. (2014). Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Universitas, 137, 142.

Rizqi, A., Parmin, P., & Nurhayati, S. (2013). Pengembangan modul IPA terpadu berkarakter tema pemanasan global untuk siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1).

Sugiarto, A., & Djukri, D. (2015). Pembelajaran berbasis SETS sebagai upaya meningkatkan kreativitas dalam pemecahan masalah pencemaran lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 1-11.

Trian, E. A., Haryani, S., & Sedyawati, S. M. R. (2013). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berkarakter pada Tema Pengelolaan Lingkungan untuk Kelas VII SMP. Unnes Science Education Journal, 2(2).

Utami, F. N., Ridlo, S., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan Lks Ipa Terpadu Berbasis Permainan Edukatif Tema Tekanan Dalam Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep IPA dan sikap ilmiah siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(2).

Downloads

Published

28-02-2021

How to Cite

Trisnawati, E. ., Koes H., S., & Dian Insani, M. . (2021). Pengembangan paket ipa terpadu berbasisi inkuiri tema peredaran darah manusia untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII SMP/MTs. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(2), 129–136. https://doi.org/10.17977/um067v1i2p129-136

Issue

Section

Articles