Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Fisika pada Materi Momentum dan Impuls Menggunakan Aplikasi Socrative

Authors

  • Rega Dwi Anjarsari
  • Yusnia Tri Siwi Utami
  • Bakhrul Rizky Kurniawan

Keywords:

understanding of concepts, pemahaman konsep, momentum dan impuls,, socrative

Abstract

The ability to understand concepts is fundamental. A good understanding of the concept will improve students' ability to solve and conclude a physics problem. One way that can be done to determine the understanding of the concepts that students have is by conducting an analytical test which aims to test the level of student understanding. During the COVID-19 pandemic, the use of conventional analytical tests could not be carried out effectively, so socrative media could be a solution as a medium for data collection and analysis. This study aims to analyze and find out the understanding of physics concepts at the student level, especially on momentum and impulse material which is carried out through socrative applications. The method used in this research is descriptive quantitative. Based on the results of the concept understanding research conducted on 31 prospective physics teacher students, the overall percentage of understanding the concepts of momentum and impulse was 42 percent and included in the medium category. The lowest understanding is known in the impulse submaterial, while the highest understanding is known in the perfectly elastic collision submaterial.

 

Kemampuan pemahaman konsep merupakan hal yang fundamental. Pemahaman konsep yang baik, akan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan dan menyimpulkan suatu permasalahan fisika. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui pemahaman konsep yang dimiliki mahasiswa, yaitu dengan melakukan tes analisis yang bertujuan untuk menguji tingkat pemahaman mahasiswa. Pada masa pandemi COVID-19 penggunaan tes analisis secara konvensional tidak dapat dilakukan secara efektif,  sehingga media socrative dapat menjadi solusi sebagai media pengumpulan data dan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pemahaman konsep fisika tingkat mahasiswa khususnya pada materi momentum dan impuls yang dilakukan melalui aplikasi socrative. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian pemahaman konsep yang dilaksanakan pada 31 mahasiswa calon guru fisika diperoleh hasil persentase secara keseluruhan terhadap pemahaman konsep momentum dan impuls sebesar 42 persen dan termasuk pada kategori sedang. Pemahaman terendah diketahui pada submateri impuls, sedangkan pemahaman tertinggi diketahui pada submateri tumbukan lenting sempurna.

References

Agustin, D. K., Yuliati, L., & Zulaikah, S. (2016). Kesalahan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Momentum-Impuls. Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 174–183.

Ahmad, I. F. (2020). Alternative Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of Coronavirus Disease ( Covid-19 ). Jurnal Pedagogik, 07(01), 195–222.

Alawiyah, N. S., Ngadimin, & Hamid, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Indeks Respon Kepastian (IRK) pada Materi Impuls dan Momentum Linear di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(2), 272–276.

Beng, J. T., Arisandi, D., & Tiatri, C. A. dan S. (2018). Strategi Pemanfaatan Teknologi Komputer untuk Asesmen Hybrid Latar Belakang dan Rumusan Masalah. May.

Hegde, B., & Meera, B. N. (2012). How do they solve it? An insight into the learner’s approach to the mechanism of physics problem solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.010109

Hidayat, A., Prastowo, S. H. B., & Supriadi, B. (2017). Identifikasi miskonsepsi momentum, impuls dan tumbukan melalui tes diagnostik empat tahap pada siswa SMA kelas XII. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 2(1), 227–234.

Prihartanti, D., Yuliati, L., & Wisodo, H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Konsep Impuls , Momentum , Dan Teorema Impuls Momentum. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1149–1159.

Puspitasari, L., Astuti, B., & Masturi, M. (2020). Penerapan Project Based Learning (PjBL) Terbimbing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa pada Konsep Momentum, Impuls, dan Tumbukan. Physics Education Research Journal, 2(2), 69. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.4959

Rahmawati, S., Kusairi, S., & Sutopo. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Belajar Materi Momentum dan Impuls Berbasis Scientific Approach Disertai Formative Assesment Berbantuan WEB. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(1), 1–6.

Risnawati, I., Liliawati, W., & Danawan, A. (2018). Analisis Perubahan Tipe Pemahaman Konsep Momentum dan Impuls Melalui Pembelajaran Conceptual Problem Solving. Seminar Nasional Quantum #25 (2018), 401–407.

Rosa, G. C., Cari, C., & Aminah, N. S. (2017). Tingkat Pemahaman Konsep Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret pada Materi Momentum. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2(2003), 74. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16368

Rosidah, C., Sudarti, S., & Maryani, M. (2018). Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Dengan Media Kartu Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Momentum Dan Impuls Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 30. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7222

Serway, R. A., & Jewettt, J. W. (2012). Physics for Scientist and Engineers with Modern Physics (9th ed.).

Singh, C., & Rosengrant, D. (2003). Multiple-choice test of energy and momentum concepts. American Journal of Physics, 71(6), 607–617. https://doi.org/10.1119/1.1571832

Smart, T. T. (2018). Bahas Tuntas Kisi-Kisi UN. PT Grasindo.

Styani, E. D., & Purwandari. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Materi Momentum dan Impuls Berdasarkan Pemahaman Konsep. Seminar Nasional Pendidikan Fisika IV 2018, 309–313.

Suparno. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. In PT Grasindo. PT Grasindo. https://doi.org/10.1201/9780429323362-6

Wahyuni, S., Mujiyanto, J., Rukmini, D., & Wuli, S. (2019). Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Socrative Sebagai Media Penilaian Interaktif. March, 309–314.

Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Gelombang Mekanik Melalui Aplikasi Online Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 143–152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284

Downloads

Published

25-04-2022

How to Cite

Anjarsari, R. D. ., Utami, Y. T. S. ., & Kurniawan, B. R. . (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Fisika pada Materi Momentum dan Impuls Menggunakan Aplikasi Socrative. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(4), 257–266. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/2350

Issue

Section

Articles