Studi Tentang Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi di Tinjau dari Tingkat Pendidikan di Butik Reve House Of Couture

Authors

  • Nia Martanti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Sri Eko Rahayu Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nur Endah Purwanigsih Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n4p288-294

Keywords:

produktivitas, pendidikan, reve house of couture

Abstract

Butik Reve House of Couture merupakan salah satu butik ternama di Kota Malang yang memproduksi piyama, busana pernikahan dan busana pesta dewasa bahkan busana anak-anak. Mengenai hal tersebut dibutuhkan pekerja yang mempunyai keterampilan khususnya pada bidang busana yang memiliki keahlian menjahit. Secara teori seseorang yang mempunyai bekal keterampilan melalui pendidikan dibidang tata busana tentunya bisa menjahit, tetapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa karyawan dibutik Reve House of Couture pada bagian menjahit bukan hanya lulusan dari tata busana melainkan terdapat pula lulusan non tata busana. Untuk itu peneliti ingin mengetahui produktivitas kerja karyawan bagian produksi yang ditinjau dari tingkat pendidikan di Butik Reve House of Couture. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan mengenai produktivitas kerja karyawan yang ditinjau dari tingkat pendidikan butik Reve House of Couture. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekkan keabsahan temuan peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa pendidikan karyawan di butik Reve House of Couture meliputi karyawan dengan lulusan SD, SMP, SMA dan SMK Multimedia. Tingkat pendidikan karyawan yang berbeda beda tersebut tidak mempunyai pengaruh dalam produktivitas kerja, namun pengalaman, keahlian dan kemampuan yang mempunyai pengaruh terhadap produktivitas kerja di butik Reve House of Couture. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan karyawan dibutik Reve House of Couture tidak mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Menurut hasil temuan, saran yang dapat ditulis oleh peneliti bagi Butik Reve House of Couture adalah perlu adanya bimbingan untuk karyawan yang masih membutuhkan pengetahuan, perlu memperhatikan penempatan pekerjaan karyawan dan pembelian kebutuhan produksi dilakukan tepat waktu agar tidak menghambat produktivitas karyawan.

References

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120-123.

Idris, H. A. (2016). Pengantar ekonomi sumber daya manusia. Deepublish.Kuswana, Sunaryo. 2013. Dasar-Dasar Pendidikan Vokasi & Kejuruan. Bandung: Alfabeta

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Purba, S., Revida, E., Parinduri, L., Purba, B., Muliana, M., Purba, P. B., ... & Leuwol, N. V. (2020). Perilaku Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Sulistiyani, A. T. Rosidah, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Nasional Republik Indonesia. (Online), (https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no _ 20_th_2003.pdf), diakses 18 September 2019.

Downloads

Published

29-04-2021

Issue

Section

Articles