PEMANFAATAN LEONARDO AI UNTUK IDE PENCIPTAAN KARAKTER ANIMASI 3D MATERI ASET VISUAL KELAS X ANIMASI SMK NEGERI 4 MALANG
DOI:
https://doi.org/10.17977/um068.v3.i9.2023.3Keywords:
Leonardo AI, Aset Visual, Animasi 3DAbstract
Inovasi dalam pendekatan pembelajaran visual menjadi fokus penting dalam pengembangan pembelajaran di berbagai satuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan teknologi Leonardo AI dalam menciptakan ide karakter animasi 3D untuk materi aset visual kelas X Animasi di SMK Negeri 4 Malang. Metode penelitian yang diterapkan adalah menggunakan pendekatan model ASSURE yang melibatkan peserta didik dari program keahlian Animasi di sekolah tersebut dalam penggunaan teknologi Leonardo AI untuk menciptakan karakter animasi 3D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Leonardo AI secara signifikan meningkatkan kreativitas dan efisiensi dalam proses penciptaan karakter animasi, dengan menghasilkan ide-ide yang unik dan menarik. Selain itu, teknologi ini bermanfaat untuk guru dan peserta didik dalam mengembangkan materi aset visual yang relevan. Implikasi penelitian ini menyoroti potensi teknologi AI dalam memperkaya pengalaman pembelajaran di bidang animasi serta membuat pembelajaran lebih inovatif dan berbasis teknologi.
References
Muallifatunnafiah, Hasna. 2024. Pemanfaatan Software Artificial Intelligence Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Dan Membaca Bahasa Aksara Sasak Berbasis Mobile. Universitas Hamzanwadi e-ISSN 2614-8773
Muhaemin, M. 2023. Analisis Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Referensi dalam Desain Komunikasi Visual. Universitas Negeri Makassar e-ISSN.2685-4120
Benny, A. 2011. Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta: Dian Rakyat
Muhaemin, M. (2023). Analisis Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) sebagai Referensi dalam Desain Komunikasi Visual. Universitas Negeri Makassar. e-ISSN.2685-4120.
Russell, S. J., & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson. ISBN: 9780134610993.
Gero, J. S., & Kannengiesser, U. (2014). The Function-Behaviour-Structure Ontology of Design. In A. Chakrabarti & L. Blessing (Eds.), An Anthology of Theories and Models of Design (pp. 263-283). Springer. DOI: 10.1007/978-1-4471-6338-1_13.