Analisis Kesesuaian Artikel yang Menggunakan Model Pembelajaran STAD Berdasarkan Teori pada Buku Cooperative Learning Karya Robert E. Slavin

Penulis

  • Lilla Mulyani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nunung Nurjanah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Teti Setiawati Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n3p222-231

Kata Kunci:

model Pembelajaran STAD, Analisis isi, buku Cooperative Learning Karya Robert E Slavin

Abstrak

This research aims to analyze the suitability of using the STAD Learning Model in articles based on the Cooperative Learning Book by Robert E Slavin. The research method used is content analysis with a qualitative approach. The technique of drawing articles as a sample uses purposive sampling technique with reference to the article search instrument that has been prepared. There are five articles analyzed with the criteria of research articles using the STAD Learning Model, original research, applied to the Catering Expertise Competency Vocational School, and have a good completeness of the article content. The results showed that there was no suitability for the overall research objectives in the article, but the overall objectives of the study were related to theory. The learning syntax in the article is not fully implemented. The suitability of the research results in the article is shown by the achievement of the overall research objectives made even though they are different from the STAD Model learning objectives.

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesesuaian menggunakan Model Pembelajaran STAD pada artikel berdasarkan Buku Cooperative Learning Karya Robert E Slavin. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Teknik penarikan artikel sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan mengacu pada instrumen pencarian artikel yang telah disusun. Terdapat lima artikel yang dianalisis dengan kriteria artikel penelitian menggunakan Model Pembelajaran STAD, original research, diterapkan pada SMK Kompetensi Keahlian Tata Boga, serta memiliki kelengkapan isi artikel yang baik. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat kesesuaian pada keseluruhan tujuan penelitian pada artikel, namun keseluurhan tujuan penelitian tersebut memiliki keterkaitan dengan teori. Sintak pembelajaran pada artikel yang terlaksana dengan sesauai belum sepenuhnya. Kesesuaian hasil penelitian pada artikel ditunjukan dengan ketercapaian keseluruhan tujuan penelitian yang dibuat meskipun berbeda dengan tujuan pembelajaran Model STAD.

Referensi

Alismail, H. A., & McGuire, P. (2015). 21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice , 6 (6), 150-155.

Jayadiningrat, M., Tika, I., & Yuliani, N. (2017). Meningkatkan Kesiapan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia dengan Pemberian Kuis di Awal Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia , 1(1), 7-12.

Kinjuva, C. (2015). Teaching Students to Learn and Work Well with 21st Century Skills: Unpacking the career anf lifre Skills Domain of the New LEarning paradigm. International Journal of Higher Education , 4(1), 1-11.

Marten. (2017). Peningkatan Kerjasama dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Karitas Tahun Pelajaran 2016/2017 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Skripsi tidak diterbitkan.Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.

Sendeka, S. & Pilco, S. (2013). Evolution of the Framework for 21st Century Competencies. Knowladge Management & E-Learning , 5(1), 10-24.

Sihite, M. (2018). Peran Kompetensi dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0: Suatu Tinjauan konseptual. Jurnal Ilmiah Methonomi , 4(2), 145-159.

Siswanto, R. (2014). Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Koneksi Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Software Geogebra (Studi Eksperimen Di SMAN 1 Cikulur Kabupaten Lebak Propinsi Banten). Jurnal Pendidikan dan keguruan , 1(1), 1-11.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. (T. N. Yusron, Ed.) Bandung: Nusa Media.

Sudana, I., & Wesnawa, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Skolah Dasar , 1 (1), 1-8.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century Skill: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass/Willy & Son, Inc.

Diterbitkan

2021-03-29

Terbitan

Bagian

Articles