Analisa Blazer menggunakan Pola Dankaerts Ditinjau dari Faktor Kenyamanan pada Ukuran M, L dan XL

Authors

  • Annissa F itriani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nurul Aini Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Esin Sintawati Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n3p185-191

Keywords:

blazer, pola Dankaerts, kenyamanan

Abstract

Blazer sekarang digunakan dalam acara resmi atau tidak resmi. Wanita menggunakan blazer tidak hanya dari modelnya saja tetapi juga dari kenyamanannya. Faktor kenyamanan Blazer dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu pembuatan pola. Terdapat beberapa metode pola, salah satunya yaitu metode pola Dankaerts. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kenyamanan pada blazer menggunakan pola Dankaerts ukuran M, L dan XL ditinjau dari dua sudut pandang yaitu faktor kenyamanan statis dan faktor kenyamanan kinetis. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini berupa angket dan lembar pengamatan yang diberikan kepada tiga responden dan tiga panelis. Lembar pengamatan terdiri dari dua bagian variabel yaitu kenyamanan statis dan kenyamanan kinetis. Faktor kenyamanan statis terdapat 17 indikator sedangkan faktor kenyamanan kinetis terdapat 3 indikator. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian tentang faktor kenyamanan blazer menggunakan pola Dankaerts pada ukuran M faktor kenyamanan statis mendapatkan persentase nyaman sebanyak 75,56 persen sedangkan faktor kenyamanan kinetis kategori nyaman sebanyak 78,94 persen. Untuk faktor kenyamanan blazer ukuran L ditinjau dari faktor kenyamanan statis persentase nyaman adalah 76,11 persen sedangkan faktor kenyamanan kinetis kategori nyaman sebanyak 87,34 persen. Dan faktor kenyamanan blazer ukuran XL faktor kenyamanan statis memperoleh persentase nyaman sejumlah 89,58 persen sedangkan faktor kenyamanan kinetis kategori nyaman sejumlah 81,08 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian faktor kenyamanan tertinggi pada blazer menggunakan pola Dankaerts ditinjau dari faktor kenyamanan statis adalah ukuran XL dan faktor kenyamanan kinetis adalah ukuran L. Ini dapat disimpulkan bahwa pola Dankaerts sesuai dan nyaman pada wanita bertubuh gemuk atau ukuran besar. Disarankan: (1) bagi peneliti sejenis untuk mengembangkan dari berbagai aspek lain; (2) bagi guru dapat dijadikan sebagai masukan untuk pemilihan pola dalam pembuatan blazer; (3) bagi pelaku bisnis (pembuat pola atau produksi busana) lebih diperhatikan dalam proses pengambilan ukuran dan pembuatan pola.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati, E., et al. (2008). Tata Busana Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Fakhiroh, Z. (2013). Studi tentang teknik pembuatan blazer di Jaber Tailor untuk ukuran S, M, L, XS, dan XXL (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang). Hasanah, N., Yasnidawati, Y., & Nelmira, W. (2015). Penyesuaian Pola Dasar Sistem Danckaerts pada Wanita Bertubuh Gemuk Pendek. E-Journal Home Economic and Tourism, 8(1).

Hidayah, N., & Yasnidawati, Y. (2019). Penyesuaian Pola Dasar Busana Sistem Indonesia Untuk Wanita Indonesia Dengan Bentuk Badan Gemuk. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 8(1), 222-230. Irmayanti, I. (2017). Analisis Perbedaan Fitting Factor antara Pola Sonny dan Pola Praktis pada Jas Wanita. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2). Jaya, T. P., & Suharso, S. (2018). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas XI. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 30-35. Lestari, D. (2012). Analisis Fitting Factor Pada Vuring Blazer Sistem Soekarno. SKRIPSI Jurusan Tata Busana-Fakultas Teknik UM. Luna, H., & Iffat, A. (2015). Mahir menjahit tingkat dasar sampai terampil. Klaten: Hafamira.

Rahayu, S. E. P. (2008). Costum ‘N Fashion Sejarah dan Teori Busana Dalam Siklus Perkembangan Busana. Malang: FT UM.

Sugiyono, S. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Universitas Negeri Malang. (2017). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang. Vorensia, S. (2019). Analisis tingkat kenyamanan celana panjang wanita menggunakan pola sistem Porrie Muliawan dan sistem praktis pada ukuran XXL (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Downloads

Published

29-03-2021

Issue

Section

Articles