Profil Pemasaran Madame Wang Secret Garden Kota Malang

Authors

  • Agestania Zerra Sasicha Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Idah Hadijah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nurul Aini Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n3p169-174

Keywords:

pemasaran, Madame Wang Secret Garden, butik, cafe

Abstract

The purpose of this research was to get information about Madame Wang Secret Garden marketing profile that expected to be a reference for another business development in overcoming the tight competition of business in fashion. Based on observations and interviews, Madame Wang Secret Garden started from a small boutique in 2013 with offline and online marketing and merged the marketing system concept from boutique only to boutique-café in 2014. This makes Madame Wang Secret Garden more crowded because they both have a balanced and profitable reciprocity, so that Madame Wang Secret Garden boutiques are able to survive and compete with another competitors. This is evidenced by some awards that Madam Wang Secret Garden has received until now.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang profil pemasaran Madame Wang Secret Garden yang kemudian diharapkan dapat menjadi rujukan atau referensi bagi pengembangan usaha yang lainnya dalam mengatasi ketatnya persaingan usaha pada bidang busana. Berdasarkan observasi dan wawancara, Madame Wang Secret Garden berawal dari sebuah butik kecil pada tahun 2013 dengan sistem pemasaran offline dan online. Lalu terjadi pengubahan konsep pemasaran dari butik saja menjadi butik-kafe yang menyatu pada tahun 2014. Hal ini membuat Madame Wang Secret Garden semakin ramai pengunjung karena keduanya memiliki timbal balik yang seimbang dan menguntungkan, sehingga butik Madame Wang Secret Garden mampu bertahan dan bersaing dengan kompetitor. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penghargaan yang telah didapatkan oleh Madam Wang Secret Garden.

References

Arikunto, S. (2009). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

Moleong, L. J. (1989). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Kotler, P. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2006). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Manap, H. A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Tjiptono, F., & Diana, D. (2016). Pemasaran (Esensi & Aplikasi). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

29-03-2021

Issue

Section

Articles