Desain Meja Belajar dengan Pengingat Waktu Belajar Berbasis Arduino Uno untuk Kenyamanan Anak dalam Belajar

Authors

  • Akbar Abdullah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Tasrif Hasanuddin Universitas Muslim Indonesia, Jl.Urip Sumohardjo Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v1i112021p823-828

Keywords:

kenyamanan, meja belajar, anak

Abstract

The aim of this research is to develop and produce study tables that can be used to provide a conducive learning environment at home. The Likert Scale technique is used to determine with what degree of certainty a child feels comfortable learning. Tests conducted with a sample size of 6 children yielded an overall index score of 87.23 percent, indicating that they performed admirably on most of the measurements. Moreover, with the help of the push of the alarm clock, study time is running smoothly.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan meja belajar yang dapat digunakan untuk menyediakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah. Teknik Skala Likert digunakan untuk menentukan dengan tingkat kepastian apa seorang anak merasa nyaman saat belajar. Tes yang dilakukan dengan ukuran sampel 6 anak menghasilkan nilai indeks keseluruhan sebesar 87,23 persen, yang menunjukkan bahwa mereka tampil mengagumkan di sebagian besar pengukuran. Selain itu, dengan bantuan dorongan dari jam weker, waktu belajar berjalan lancar.

References

Ambarwati, A. (2009). Membuat Anak Rajin Belajar Ternyata Mudah Kok. Ciganjur: PT. Tangga Pustaka.

Firmanzah, M. R. (2021). TA: Pengembangan Produk Meja Belajar Lipat dengan Papan Tulis untuk Taman Kanak-Kanak (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).

Hiola, R. (2015). Analisis keluhan muskuloskeletal siswa akibat penggunaan meja kursi yang tidak ergonomis di SDN 13 Kabila, Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Jurnal Kesehatan Masyarakat Fakultas Olahraga dan Kesehatan, 2399-2411.

Kusumowidagdo, A. (2010). Interior Hunian Elegan. PT Niaga Swadaya.

Natsir, N. M. (2021). Analisis Pencahayaan Buatan pada Ruang Belajar di Kelas dan Asrama Pesantren DDI LIL Banat Parepare (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Nusyirwan, D. (2019). Rancangan Meja Anti Ngantuk Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Android Dan Bluetooth Berbasiskan Arduino Uno. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(2), 170-180

Purnamasari, I., & Rezasatria, M. (2019). Rancang Bangun Pengendali Kipas Angin Berbasis Mikrokontroller Atmega 16 Melalui Aplikasi Android Dengan Bluetooth. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 10(1), 147-160.

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web. Prosiding Semnastek.

Downloads

Published

24-11-2021

Issue

Section

Articles