Analisa Kestabilan Sistem dan Aksi Dasar Pengendalian dalam Prototipe Pengendali Pintu Darurat Bus

Authors

  • Prasetya Widiharso Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aji Wibawa Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Rizki Putra Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v1i82021p557-570

Keywords:

motor dc, routh hurwitz, proportional, derivatif, integral

Abstract

Bus merupakan sarana transportasi darat yang paling banyak digunakan. Sistem keselamatan penumpang berbasis sensor suhu dan sensor tekanan untuk mengendalikan motor dc diharapkan dapat mengendalikan pintu darurat bagi evakuasi penumpang pada saat terjadi kebakaran dan tabrakan atau kecelakaan lain. Untuk memperoleh kinerja yang optimal maka suatu sistem memerlukan pemrosesan sinyal yang terdiri dari teknik sampling dan interpolasi. Selanjutnya analisa kestabilan terhadap pembacaan sensor dan gangguan akibat kesalahan pembacaan sensor yang timbul melalui metode Routh Hurwitz, selanjutnya diberikan aksi pengendalian melalui pengendali Proportional, Derivatif, dan Integral untuk memberikan optimalisasi pada respon sistem.

References

Alamsyah, F. A. (2018). Penggunaan xcos sebagai alternatif perangkat lunak berbayar untuk simulasi sistem massa-pegas-peredam. 18(2), 95–100.

Amalia, L., Murti, M. A., & Susanto, E. (n.d.). Kendali kecepatan motor dc berbasis jaringan data menggunakan regulator lqg.

Anam, K. (2020). Implementasi metode numerik pada rangkaian listrik menggunakan scilab. Jurnal Penelitian, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.46491/jp.v5e1.487.59-67

Anthoinete P.Y.Waroh. (2014). Analisa dan simulasi sistem pengendali motor dc. Jurnal Ilmiah Sains, 14(2), 80.

Arif, M. F. (2015). Sistem kontrol kecepatan motor dc d-6759 berbasis arduino mega 2560. Mahasiswa TUEB, 3(2015), 1–6.

Arindya, R. (2017). Penalaan kendali pid untuk pengendali proses. Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana, 8(2), 109–116.

Fahmizal, Sulistyowati, N., & Arrofiq, M. (2015). Rancang bangun modul praktikum teknik kendali dengan studi kasus pada identifikasi sistem motor=dc berbasis arduino-simulink matlab. 1–5.

Hadi, N. (2018). Analisis repetitive control untuk rejection multiple periodical disturbances dengan menggunakan scilab xcos.

Ikhwanudin, H. A., Sampurno, & Suhardjono. (2017). Design of 2-axis flexible fixture control system based on microcontroller. 133–137.

Priambodo, A. S., & Sony, A. (2019). Studi komparasi simulasi sistem kendali pid pada matlab, gnu, octave, scilab, dan spyder. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 4(2), 169–175. https://doi.org/10.21831/elinvo.v4i2.28347

Salamena, V. (2004). Simulasi karakteristik arus dan kecepatan motor dc terhadap masukan penyearah gelombang penuh di simulink-matlab. Teknologi, 9(1), 1012.

Waloyo, H. T. (2012). Peningkatan efisiensi penggunaan daya pada sistem mobil listrik berpenggerak motor dc dengan menggunakan logika kabur (fuzzy logic).

Downloads

Published

25-08-2021

Issue

Section

Articles