Evaluasi User Experience pada Pengembangan Aplikasi Sistem ADI STETSA SMAN 4 Malang menggunakan User Experience Questionnaire

Authors

  • Maftuh Ahnan Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aji Wibawa Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ilham Zaeni Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

evaluasi sistem informasi, user experience, user experience questionnaire

Abstract

SMAN 4 Malang is one of the institutions that has implemented digitalization of education by developing an information system called ADI STETSA. This information system was developed to facilitate the process of teaching and learning activities and administration at SMAN 4 Malang in 10 organizational fields. The 10 fields include adiwiyata, counseling guidance, public relations, student affairs, curriculum, finance, libraries, facilities and infrastructure, administration, and quality assurance units. This system is still relatively new, so it is necessary to evaluate the quality of the system. One way to test the quality of the system is by testing the User Experience (UX). The method used in testing user experience is the User Experience Questionnaire (UEQ) method. The UEQ method can give an impression on all aspects of UX. In addition, the UEQ method is easy, free, and fast to use. In the UEQ method, there are 6 scales tested, namely attractiveness, perspicuity, dependability, efficiency, novelty, and stimulation. The stages in this research are conducting a literature study, evaluation planning, data collection, analysis and discussion, and conclusions.

SMAN 4 Malang adalah salah satu instansi yang telah menerapkan digitalisasi pendidikan dengan mengembangkan sistem informasi yang bernama ADI STETSA. Sistem informasi ini dikembangkan untuk memudahkan pada proses kegiatan belajar mengajar dan administrasi pada SMAN 4 Malang pada 10 bidang organisasinya. 10 bidang tersebut antara lain adiwiyata, bimbingan konseling, hubungan masyarakat, kesiswaan, kurikulum, keuangan, perpustakaan, sarana dan prasarana, tata usaha, dan unit penjamin mutu. Sistem ini masih terbilang baru sehingga perlu dilakukan evaluasi pada kualitas sistem. Salah satu cara untuk menguji kualitas sistem adalah dengan pengujian User Experience (UX). Metode yang digunakan dalam pengujian user experience adalah metode User Experience Questionnaire (UEQ). Metode UEQ mampu memberikan hasil impresi pada seluruh aspek UX. Selain itu metode UEQ mudah, gratis, dan cepat untuk digunakan. Pada metode UEQ ada 6 skala yang diujikan yaitu daya tarik, ketepatan, kejelasan, efisiensi, kebaruan, dan stimulasi. Tahap-tahapan dalam penelitian ini yaitu melakukan studi literatur, perencanaan evaluasi, pengumpulan data, analisis dan pembahasan, serta kesimpulan.

References

Adinegoro, A. L. T. (2018). Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-Commerce dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id). Universitas Brawijaya.

Fajariyanti, N. O. (2018). Analisis Pengalaman Pengguna (User Experience) Ojek Online (Studi Kasus: Go-Ride dan Grabbike). Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Halim, F., Handoko, & Marpaung, S. H. (2020). Penilaian User Experience Fiori Bussim Menggunakan User Experience Questionaire (UEQ) dan Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Pembelajaran Matakuliah Sertifikasi SAP. Sebatik, 24(1), 102–112.

Hartawan, M. S. (2019). Analisa User Interface untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Usability Testing pada Aplikasi Android Pemesanan Test Drive Mobil. Jurnal Teknologi Informasi ESIT, Universitas Krisnadwipayana, 14(2), 46–52.

Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). Jurnal Politeknik Caltex Riau Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire. Jurnal Politeknik Caltex Riau, 6(1), 69–78.

Hinderks, A., Schrepp, M., & Thomaschewski, J. (2018). A Benchmark for the Short Version of the User Experience Questionnaire. WEBIST 2018 - Proceedings of the 14th International Conference on Web Information Systems and Technologies, (September), 373–377. https://doi.org/¬10.5220/-0007188303730377

Juniantari, N. K. R., & Putra, I. N. T. A. (2021). Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. Jurnal Informatika Dan Komputer, 4(1), 31–37. https://¬doi.¬org/¬10.-333¬87/¬jiko

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.54

Kresnanto, M. A., Hanggara, B. T., & Prakoso, B. S. (2020). Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Booking Hotel dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) ( Studi pada RedDoorz dan Airy ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(10), 3637–3646.

Maharani, A., Intan, B., & Susilo, A. T. (2021). Analisis User Experience Pada Website SMK Negeri Tugumulyo Berbasis User Experience Questionaire (UEQ). JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 6(2), 169–177. https://doi.org/10.32767/jusim.v6i2.1479

Nurdin, M., & Muhaemin, A. (2020). Mengukur User Experience Sistem Informasi Akademik. Infotech, 6(1), 7–10.

Pratama, M., & Septama, H. D. (2021). Pemanfaatan Computer Assisted Test sebagai alternatif Ujian Akhir Perkuliahan di era Pandemi. Electrician, 15(2), 142–145. https://doi.org/10.23960/elc.v15n2.2204

Pratomo, A., & Mantala, R. (2016). Pengembangan Aplikasi Ujian Berbasis Komputer Beserta Analisis Uji Guna Sistem Perangkat Lunaknya Menggunakan Metode SUMI (Software Usability Measurement Inventory). Jurnal POSITIF, 2(1), 1–11.

Putro, S., Kusrini, & Kurniawan, M. P. (2019). Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul. Citec Journal, 6(1), 27–37.

Rohmah, S., & Ary, M. (2021). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Pinjaman Online Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire (Studi kasus : pada Akulaku dan Kredivo Indonesia ). Jurnal Sistem Informasi, 13(1).

Ryzque, M. A. E. L. (2021). Analisis Usability Pada Aplikasi Edulogy Menggunakan System Usability Scale (SUS) Studi Kasus di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Universitas Jambi.

Salsabilah, Wahyuddin, M. I., & Sari, R. T. K. (2022). Analisa UI / UX Terhadap Perancangan Website Laundry dengan Metode Human Centered Design dan User Experience Questionnaire. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6, 720–727. https://doi.org/10.30865/mib.v6i1.3547

Santoso, H. B., Schrepp, M., Isa, R. Y. K., Utomo, A. Y., & Priyogi, B. (2016). Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment. The Journal of Educators Online, 13(1), 58–79.

Sari, Y., Arafah, M., & Novitasari. (2021). Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik Dosen Menggunakan User Experience Questionnaire dan Heuristic Walkthrough. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5(2), 247–253. https://doi.org/10.29207/resti.v5i2.3022

Simanjuntak, S. (2018). Analisis Pengalaman Pengguna (User Experience) Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: SAP Modul Sales & Distribution, Material Management, Financial Accounting).

Siregar, M., Rokhmawati, R. I., & Az-zahra, H. M. (2019). Evaluasi Usability dan Pengalaman Pengguna Website Zenius . net Menggunakan Metode TUXEL: A Technique for User Experience Evaluation in e-Learning. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(5), 5058–5067.

Tanjungan, G. (2022). Perancangan Pertanyaan Indikator User Experience Aplikasi SIMPONI Mobile Universitas Multi Data Palembang Menggunakan User Experience Questionnare. MDP Student Conference 2022. Retrieved from https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/msc/article/view/1825

Downloads

Published

2022-09-14

Issue

Section

Articles