Implementasi SCRUM pada Pengembangan Aplikasi Sistem ADI STETSA SMAN 4 Malang: Bidang Kesiswaan

Authors

  • Muhammad Rifai Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aji Wibawa Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ilham Zaeni Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Dony Setiawan Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

pengembangan, sistem informasi, kesiswaan, SCRUM

Abstract

The development of an information system for SHS 4 Malang, including the field of student, was made to facilitate the management of data relating to students, parents, teachers, and employees. Student rights and responsibilities, including extracurricular activities, reporting breaches, and compassion initiatives, are governed by studentship. Agile development is being done in this project using the SCRUM methodology. The advantages of SCRUM are that it can save cost, time, and can cope with change. Five research sprints covering the period of December 20, 2021, to December 30, 2022, were completed. In sprint three, the student field worked on. This study's output is an information system for SMAN 4 Malang's student affairs. The report, kindness project, and extracurricular activities are the three features. These features are at the request of the person in charge of the student affairs field.

Pengembangan sistem informasi untuk SMAN 4 Malang, termasuk bidang kesiswaan, dibuat untuk memudahkan pengelolaan data yang berkaitan dengan siswa, orang tua, guru, dan karyawan. Kesiswaan mengatur hak dan kewajiban siswa, seperti kegiatan ekstrakurikuler, pelaporan pelanggaran, dan proyek kebaikan. Pengembangan ini menggunakan metode agile dengan kerangka kerja SCRUM. Kelebihan dari SCRUM yaitu dapat menghemat biaya, waktu, dan dapat mengatasi perubahan. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 20 Desember 2021 sampai 30 Desember 2022, dengan total lima sprint. Bidang kesiswaan dikerjakan pada sprint tiga. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi untuk bidang kesiswaan di SMAN 4 Malang. Terdapat 3 fitur yaitu laporkan, proyek kebaikan, dan kegiatan ekstrakurikuler. Fitur-fitur tersebut telah sesuai dengan permintaan penanggung jawab bidang kesiswaan.

References

Afdhal, K., & Tasrif, E. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Bidang Kesiswaan Berbasis Android pada SMKN 8 Padang. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(3), 10. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i3.105082

Ahmad, I., Borman, R. I., Fakhrurozi, J., & Caksana, G. G. (2020). Software Development dengan Extreme Programming (XP) pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 5(2), 297. https://doi.org/10.35314/isi.v5i2.1654

Aji, P. S., & Yuliansyah, H. (2016). Pengembangan Webservice sebagai Media Pertukaran Data Aplikasi Scrum Proyek Manajemen dengan Teknologi Restful. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 4(1), 1–9.

Amalia, N., Rachman, O., & Surahman, R. (2020). Sistem Informasi Pertanian Berbasis Kecerdasan Buatan (E-Tandur). Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 1–11. https://doi.org/-10.34010/jamika.v10i1.2558

Andipradana, A., & Hartomo, K. D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Scrum. Jurnal Algoritma, 18(1), 161–172. https://doi.org/10.33364/-algoritma/v.18-1.869

Ardiansyah, Yahya, F. Y., Irawati, A. R., & Yusman, M. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Terpadu FMIPA Universitas Lampung (SIMIPA) Menggunakan Metode Scrum. Jurnal Teknoinfo, 15(2), 112. https://doi.org/10.33365/jti.v15i2.1041

Buana, S. Y. P., & Putro, H. P. (2021). Implementasi Scrum pada Pengembangan Modul Leadership Quality Feedback (LIQUID). Automata, 2(1), 1–6.

Destiningrum, M., & Adrian, Q. J. (2017). Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre). Jurnal Teknoinfo, 11(2), 30. https://doi.org/10.33365/jti.v11i2.24

Dwanoko, Y. S. (2016). Implementasi Software Development Life Cycle (SDLC) dalam Penerapan Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak. Jurnal Teknologi Informasi, 7(2), 83–94. Retrieved from http://ejurnal.stimata.ac.id/index.php?journal=TI&page=article&op=view&path%5B%5D=219

Fernando, D., Anharudin, A., & Fadli, F. (2018). Rancang Bangun Aplikasi E-Portofolio Hasil Karya Mahasiswa Unsera Menggunakan Metode Scrum. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 5(1), 7–12. https://doi.org/10.30656/jsii.v5i1.579

Ginanjar, O., Sholahudin, A., & Paulus, E. (2017). Analisis dan Desain Pengembangan Program Aplikasi DMS dengan Metodologi Scrum Framework. (September), Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya (SNIA), 47–52. Retrieved from http://repository.unjani.ac.id/repository/9ec3721ead-4436680¬675¬214b6fc56247.pdf

Hadji, S., Taufik, M., & Mulyono, S. (2019). Implementasi Metode Scrum pada Pengembangan Aplikasi Delivery Order Berbasis Website ( Studi Kasus Pada Rumah Makan Lombok Idjo Semarang ). Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2, 32–43.

Heriyanto, Y. (2018). Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web pada PT.APM Rent Car. Jurnal Intra-Tech, 2(2), 64–77.

Hutrianto, H., & Putra, A. (2020). Implementasi Scrum Model dalam Pengembagnan Aplikasi Pelaporan Sampah sebagai Wujud Smart Cleaning. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 9. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1552

Kinasih, D. B. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja Karyawan (Studi Kasus : Modena Strategy System). Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 1. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/jurnalsnati/article/view/20067

Kurniawan, I., & Sani, R. R. (2019). Pemodelan SCRUM dalam Pengembangan Sistem Informasi Kesehatan pada Klinik Ar-Rokhim Sragen Kabupaten Sragen. JOINS (Journal of Information System), 4(1), 76–86. https://doi.org/10.33633/joins.v4i1.2530

Lee, W. L. (2016). SCRUM-X: An interactive and experiential learning platform for teaching Scrum. 7th International Multi-Conference on Complexity, Informatics and Cybernetics, IMCIC 2016 and 7th International Conference on Society and Information Technologies, ICSIT 2016 - Proceedings, 2(Iceti), 192–197.

Marzuqi, H., & Mustikasari, M. (2021). Perancangan Sistem Informasi Preservasi pada Arsip Nasional Republik Indonesia Menggunakan Metode Scrum. Computer Engineering System And Science, 6(2), 66–72.

Musyaffa, N. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik pada SMK Bina Nusa Wisata Tangerang Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(1), 47–52. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/439

Novri Hadinata, M. N. (2017). Implementasi Metode Scrum dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan ( Study Kasus : Penjualan Sperpart Kendaraan ). Jurnal Ilmiah Betrik, 08(01), 22–27. Retrieved from https://ejournal.lppmstipagaralam.ac.id/index.php/betrik/index

Pangaribuan, I., & Subakti, F. (2019). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Teknologi Industri Pembangunan Cimahi. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 9(2), 128–137. https://doi.org/10.34010/jati.v9i2.1836

Purnomo, H., & Maknunah, J. (2018). Sistem Informasi Pengolahan Data Keuangan Berbasis Web. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 3(3), 44–49. https://doi.org/10.37438/jimp.v3i3.187

Puspitasari, M., & Budiman, A. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Menggunakan Metode Fast (Framework for the Application System Thinking) (Studi Kasus : Sman 1 Negeri Katon). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 69–77. Retrieved from http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Rahmi, R., Sari, R. P., & Suhatman, R. (2016). Pendekatan Metodologi Extreme Programming pada Aplikasi E-Commerce (Studi Kasus Sistem Informasi Penjualan Alat-alat Telekomunikasi). Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 83–92. Retrieved from http://jurnal.pcr.ac.id

Ritonga, R. A., A’id, A. M., & Megayanti, A. (2021). Implementasi Metodologi Scrum dalam Pengembangan Aplikasi Eregitrasi Vendor (Studi Kasus : Krakatau It). Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), 4(1), 1–13. https://doi.org/10.47080/simika.v4i1.1096

Ruseno, N. (2019). Implementasi Scrum pada Pengembangan Aplikasi Sistem Reservasi Online Menggunakan PHP. Gerbang, 9(1), 8–15. Retrieved from http://jurnal.stmik.banisaleh.ac.id/-index.php/¬JIST/¬article/view/61

Ruseno, N., & Satria. (2018). Pengembangan Rancang Bangun Sistem Kesiswaan dengan Menggunakan Framework MVC (Model View Controller). Jurnal Kajian Ilmu Dan Teknologi, 7(1), 1–90.

Schwaber, K., & Sutherland, J. (2020). The Scrum Guide. 133–152. https://doi.org/10.1002/¬97811¬192-032¬78.app2

Sholechan. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen di SMP Islam Terpadu Al Ummah Jombang. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1, 8–19.

Silitonga, P. D. ., & Purba, D. E. R. (2021). Implementasi System Development Life Cycle pada Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Pasien Berbasis Web. Sistem Informasi Kaputama, 5(2).

Suharno, H. R., Gunantara, N., & Sudarma, M. (2020). Analisis Penerapan Metode Scrum pada Sistem Informasi Manajemen Proyek dalam Industri & Organisasi Digital. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 19(2), 203. https://doi.org/10.24843/mite.2020.v19i02.p12

Tohirin, & Widianto, S. R. (2020). Peran Trello dalam Adopsi Agile Scrum pada Pengembagan Sistem Informasi Kesehatan. Multinetics, 6(1), 32–39. https://doi.org/10.32722/multinetics.v6i1.2763

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, (November), 1–5. Retrieved from https://www.researchgate.-net/profile/Aceng_Wahid/publication/346397070_Analisis_Metode_Waterfall_Untuk_Pengembangan_Sistem_Informasi/links/5fbfa91092851c933f5d76b6/Analisis-Metode-Waterfall-Untuk-Pengem-bangan-¬Sistem-Informasi.pdf

Downloads

Published

2022-09-14

Issue

Section

Articles