Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi melalui Media Pembelajaran Konkret, Video, dan PPT Interaktif pada Kelas 5 SD

Authors

  • Rio Armadhani PPG Universitas Negeri Malang
  • Candra Utama Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p421-427

Keywords:

diferensiasi, media pembelajaran, motivasi belajar, SDN Bareng 1 Kota Malang

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Namun, kenyataannya, proses pembelajaran yang umum terjadi hanya terfokus pada satu cara belajar, sehingga banyak peserta didik yang tidak terpenuhi kebu­tuhan belajarnya. Penelitian ini memberikan solusi pada permasalahan tersebut dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi, khususnya diferen­siasi pada proses melalui penggunaan berbagai macam media pembelajaran. Pen­dekatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik serta untuk mengetahui adanya perubahan motivasi belajar siswa setelah penerapan pendekatan berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan hasil penelitian yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan pendekatan berdiferensiasi dapat menjadi salah satu alternatif dalam merealisasikan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif terbukti memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Dengan me­nerapkan berbagai metode dan media yang disesuaikan dengan kebutuhan in­dividu, pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Misalnya, penggunaan video pembelajaran, permainan edukatif, simulasi interaktif, dan alat bantu visual lainnya mampu menjadikan materi pelajaran lebih mudah dipahami dan menarik minat siswa. Hal ini juga memotivasi siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini juga menyoroti pentingnya pen­dekatan individual dalam pendidikan, di mana setiap siswa diperlakukan sebagai individu dengan kebutuhan dan gaya belajar yang berbeda. Dengan demikian, diferensiasi dalam proses pembelajaran tidak hanya meningkatkan pemahaman materi, tetapi juga membantu siswa merasa lebih dihargai dan didukung dalam proses belajarnya. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang berpihak pada peserta didik tidak hanya mungkin, tetapi juga dapat diimplementasikan secara efektif dengan pendekatan yang tepat dan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). e-Learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. San Francisco: Pfeiffer.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications.

Darling-Hammond, L., Flook, L., Cook-Harvey, C., Barron, B., & Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97-140.

Harahap, A. (2020). Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Penerbit XYZ.

Harahap, Nursapia. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of Teaching. Boston: Pearson.

Kurniasih, Enok Siti., & Priyanti, Nita. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Kemampuan Literasi Baca, Tulis dan Numerasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 398-498

Marpaung, Junierissa. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal KOPASTA, 2(2), 13-17

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. New York: Cambridge University Press.

Mulyani, Dessy. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1), 27-31

Rachmadhani, Santa Aulia D., & Kamalia, Putri Ulfa. (2023). Analisis Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik: Systematic Literature Review. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(3), 178-192

Rahmanto, Yuri., Yulianti, Tien., Gunawan, Rakhmat Dedi., & Santoso, Afit. (2023). Penerapan Teknologi Game Edukasi dengan Pendekatan Diferensiasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SDN 4 Merak Batin. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ.

Rohimat, Sonny., Wulandari, Dyah Ratna., & Wardani, Indah Tri. (2023). Efektivitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan Diferensiasi Konten dan Produk. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 57-64

Sirait, Erlando Doni. (2017). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Formatif, 7(3), 207-218

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms. Alexandria: ASCD.

Wulandari, Ade Sintia. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. JPM: Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682-689

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. Los Angeles: SAGE Publications.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Armadhani, R. ., & Utama, C. . (2024). Implementasi Pendekatan Berdiferensiasi melalui Media Pembelajaran Konkret, Video, dan PPT Interaktif pada Kelas 5 SD. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(4), 421–427. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p421-427

Issue

Section

Articles