ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENDEKATAN VISUAL, AUDITORY, DAN KINESTHETIC (VAK) PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV B SDN LOWOKWARU 2 DALAM RANGKA MEWUJUDKAN MERDEKA BELAJAR DAN MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Chyntia Eki Deamita Universitas Negeri Malang
  • Mohamad Yasin Universitas Negeri Malang

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Pendekatan Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK), Motivasi siswa

Abstract

Abstrak: Pembelajaran di kelas seyogyanya diselenggarakan secara interaktif, menginspirasi, menantang, memotivasi, menyenangkan, bermakna, serta mampu mewadahi pengembangan kreativitas, bakat, dan potensi siswa. Implementasi kurikulum merdeka memberikan keunikan dalam proses pembelajaran, hal ini bersesuaian dengan prinsip penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi terdapat beberapa aspek yang dapat dijadikan sebagai pusat atau sumber pelaksanaan diferensiasi, salah satunya adalah berdasarkan modalitas belajar siswa. Salah satu bentuk modalitas belajar siswa yakni didasarkan pada kategori visual, auditory, dan kinesthetic (VAK). Modalitas belajar berpengaruh terhadap pribadi dalam proses belajarnya dan motivasi belajar. Motivasi sangat penting untuk dimiliki oleh siswa kerena dengan adanya motivasi untuk belajar siswa mampu menghadapi segala kesulitan, tuntutan, hingga resiko yang akan dihadapi selama proses pembelajaran. Guru hendaknya melakukan upaya tertentu untuk membangkitkan motvasi belajar siswa, salah satunya menggunakan model pembelajaran yang bersumber dari teori konstruktivisme yakni model Problem Based Learning (PBL) yang dilaksanakan dengan pendekatan VAK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan visual, auditory, dan kinesthetic (VAK) pada materi IPAS di kelas IV B SDN Lowokwaru 2 dalam rangka mewujudkan merdeka belajar dan meningkatkan motivasi siswa. Penelitian kualitatif ini menggunakan data deskriptif berupa tulisan, perkataan, dan perilaku yang dapat diamati. Penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan visual, auditory, dan kinesthetic (VAK) pada materi IPAS di kelas IV B SDN Lowokwaru 2 memberikan dampak positif bagi siswa dalam meningkatkan motivasi siswa.

References

Agustin, N., Syaikhu, A., & Nadar, W. (2021). Peningkatan Kemampuan Scientifik Thinking melalui Problem Based Learning

pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Semnara 2021. 140-147.

Aiman, Faiz. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–

Alhafiz, N. (2019). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal

Cakrawala Ilmiah, 1(5), 1133–1142.

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh Problem Posing dan PBL terhadap Prestasi Belajar, dan Motivasi Belajar

Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100-108.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada

Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah

Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Buchari, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106.

https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Chiang & Lee. (2016). The Effect Of Problem-Based Learning On Learning Motivation And Problem-Solving Ability Of

Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6 (9), hlm. 1-4.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat

Indonesia, 5(3), 250–258

Fitriani, M. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar Sistem Koordinasi pada Siswa di SMA

Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Biotek, 5(1), 228-239.

Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata

Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan Di Bidang

Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi:

Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and

Research, 3(2), 19–25.

Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(5), 2024

Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Belajar IPA.

MADRASCIENCE: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya, 1(1), 17-30.

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap

Motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55-65.

Mufidah, L.-L. N. (2017). Memahami Gaya Belajar untuk meningkatkan Potensi Anak. In Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak

(Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.2.245-260a

Naibaho & Putriana, A. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta

Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81– 91.

Nurhalisah, N. (2020). Peranan Guru Dalam Pengelolaan Kelas. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(2),

–210. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2a6

Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangka Pembelajaran dengan Model Doferensiasi

Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education

and Development Institut, 8(4), 310– 319.

Prayoga, M. W. A. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum di Sekolah Dasar (Tinjauan Kurikulum 13 Hingga Kurikulum

Merdeka). Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(April), 351–364.

Ramadhan, W., Rifana, F., Meisya, R., Putro, K. Z., & Frasandy, R. N. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian

Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(1), 1.

Sarie, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah

Dasar Kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492–498. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782

Sufanti. (2022). Tantangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D) Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles