Model pembelajaran berbasis masalah berplatform Edmodo: Pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

Authors

  • Habib Maulana Halik Universitas Negeri Malang
  • Fatiya Rosyida Universitas Negeri Malang
  • Rudi Hartono Universitas Negeri Malang
  • Purwanto Purwanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v2i6p503-514

Keywords:

berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, edmodo

Abstract

Critical thinking skills it’s very important for students to have. These skills can be developed through the implementation of problem-based learning models using the Edmodo platform. This study aims to determine the effect of implementing the problem-based learning model using the Edmodo platform on students' critical thinking skills. This research is quasi-experimental research with a posttest only control group design. The selected subjects consisted of class XI IPS 3 as the experimental class and class XI IPS 2 as the control class. The instrument in this study was in the form of essay questions totaling five post-test questions according to the indicators of critical thinking skills. The data analysis technique in this study used an unpaired t-test (Independent Sample t-test). The results of statistical tests showed a significance of 0.03 less than 0.05. Based on this, there is an effect of the problem-based learning model with the Edmodo platform on students' critical thinking skills. This happened because the treatment was in the form of a problem-based learning model with the Edmodo platform in the experimental class.

Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki oleh siswa. Kemampuan tersebut dapat dikembangkan melalui pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah berplatform edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah berplatform edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Subjek yang dipilih terdiri dari kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal essay berjumlah lima soal post-test sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t tidak berpasangan (Independent Sample t-test). Hasil uji statistik menunjukkan signifikansi sebesar 0,03 kurang dari 0,05. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berplatform edmodo terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terjadi karena pemberian perlakuan berupa model pembelajaran berbasis masalah berplatform Edmodo pada kelas eksperimen.

References

Aksa, F. I. (2019). Geografi dalam perspektif filsafat ilmu. majalah Geografi indonesia. https://doi.org/10.22146/mgi.35682

Al-Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal kajian teknologi pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109

Alfi, C., Sumarmi, S., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh pembelajaran Geografi berbasis masalah dengan blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, 1(4), 597–602.

Amalia, N. F., & Pujiastuti, E. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu melalui model PBL. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, 523–531.

Arifin, Z. (2014). Penelitian pendidikan: Metode dan paradigma baru (3rd ed.). PT Remaja Rosadakarya.

Arifka, A., Sumarmi, S., & Putra, A. K. (2021). Pengembangan digital learning Geografi berbasis learning management system moodle pada materi dinamika kependudukan kelas XI SMA. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(7), 832-844.

Assriyanto, K. E., Sukardjo, J. S., & Saputro, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kreativitas siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(3), 89–97.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pbl untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Dirgantara, S. D. (2019). Pengaruh model problem-based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi kelas X IIS MA bilingual batu. Universitas Negeri Malang.

Ennis, R. H. (1993). Critical thinking assessment. theory into practice. Tailor and Francis Ltd, 23(3), 179–186.

Fadloli, M., Kusumo, E., & Kasmui, K. (2019). The pengembangan model pembelajaran blended learning berbasis edmodo untuk pembelajaran kimia yang efektif. Chemistry in education, 8(1), 7–12.

Fernando, D., Mardjuki, M., & Ekana, H. C. (2018). Penerapan Model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa SMK kelas X pada materi program linier. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM), II (2), 120–126.

Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis, serta self-esteem siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2663

Hayati, W., Utaya, S., & Astina, I. (2016). Efektivitas student worksheet berbasis project based learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud no 103 tahun 2014 permendikbud.

Kusuma, B. j., Wardono, W., & Winarti, E. R. (2016). Kemampuan literasi matematika peserta didik pada pembelajaran realistik berbantuan edmodo. UNNES journal of mathematics education, 5(3), 199–206. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.12015

Ngalimun, N. (2017). Strategi pembelajaran: Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajan. Penerbit Parama Ilmu.

Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model PBL. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.

Nugraha, T. S., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan pembelajaran berbasis masalah dan problem posing ditinjau dari kemampuan berpikir logis dan kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 107. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7154

Oktafulana, L., & Rusimamto, P. (2015). Pengembangan media pembelajaran pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar teknik digital berbantuan edmodo Kelas X Tei Di SMK Negeri 3 Jombang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).

Putra, A. K., Islam, M. N., Sasmito, D. A., & Yusrotin, A. (2021). Implementasi m-learning berbasis mobile context aware system (MCAS) dalam pembelajaran Geografi pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5). https://doi.org/10.17977/um063v1i5p591-597

Redhana, I. W. (2012). Model pembelajaran berbasis masalah dan pertanyaan socratik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Cakrawala Pendidikan, 351–365.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis Geografi siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Stentoft, D. (2019). Three challenges for new students facing problem-based and interdisciplinary learning. springer nature Switzerland AG. https://doi.org/10.1007/978-3-030-18842-9_5

Suharto, Y., Sumarmi, S., Utaya, S., Astina, I. K., & Sari, R. M. (2021). Increasing students creative thinking skills and writing a quality research proposal using PjBL_LC. Psychology and Education, 58(5), 4158–4174.

Sumarmi, S. (2012). Model-model pembelajaran Geografi. Aditiya Media Publishing.

Susilo, A. (2012). Pengembangan model pembelajaran ipa berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Primary Education, 1(1). https://doi.org/-10.15294/¬jpe.v1i1.58

Uswachid, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis kelas X IPS MAN Kota Batu/Almar Uswachid. Universitas Negeri Malang.

Warsono, W., & Hariyanto, H. (2017). Pembelajaran aktif teori dan asesmen (5th ed.). PT Remaja Rosadakarya.

Downloads

Published

2022-06-20

Issue

Section

Articles