Manajemen Pemasaran dalam Mempercepat Penyerapan Lulusan dalam Satuan Pendidikan Kejuruan

Authors

  • Dinar Ika Safitri Universitas Negeri Malang
  • Maisyaroh Maisyaroh Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Nurabadi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p718-731

Keywords:

management, markerting of graduates, absorption of graduates, manajemen, pemasaran lulusan, penyerapan lulusan

Abstract

Abstract: This study aims to describe the planning, organizing, implementing, and evaluating the marketing of graduates in vocational education units, as well as supporting factors and inhibiting marketing of graduates in vocational education units. This study used a qualitative model with a case study design. Data collection uses interviews, observation, and documentation. In analyzing data using data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study show that graduates from these schools are absorbed into the world of work even before they graduate from school and have obtained jobs. This is supported by good marketing management starting from planning, organizing, implementing, and evaluating the marketing of graduates. The obstacle is when the parents of students do not want their children to get jobs in long distances.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pemasaran lulusan dalam satuan pendidikan kejuruan, serta faktor pendukung dan penghambat pemasaran lulusan di satuan pendidikan kejuruan. Penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan dari sekolah tersebut banyak terserap ke dunia kerja bahkan sebelum mereka lulus dari sekolah sudah memperoleh pekerjaan. Hal tersebut didukung dengan manajemen pemasaran yang baik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pemasaran lulusan. Kendalanya adalah ketika orangtua peserta didik tidak ingin anaknya memperoleh pekerjaan dengan jarak yang jauh.

References

Abdullah, T. & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Arifin, Z. (2019). Penyebab Lulusan SMA dan Perguruan Tinggi Dominasi Pengangguran di Malang, (Online), (https://www.liputan6.com/regional/read/3882748/penyebab-lulusan-sma-dan-perguruan-tinggi-dominasi-pengangguran-di-malang?related=dable&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.1&utm_referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com%2F) diakses 7 Juli 2019.

Benty, D. D. N., & Gunawan, I. (2015). Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Malang: Universitas Negeri Malang.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pelaksanaan Prakerin. Jakarta: Depdiknas RI

Fattah, N. (2013). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2007). Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermansyah. (2009). Manajemen Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK. Yogyakarta: Paramita Publishing.

Kompri, (2015). Manajemen Pendidikan. Bandung: ALFABET.

Kulut, J. (2014). Kinerja Bursa Kerja Khusus (BKK) Dalam Penempatan Kerja Calon Lulusan Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan.Yogyakarta: UNY.

Kurniadin, D & Machali, I. (2013). Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Utama.

Mundir, A. (2015). Strategi pemasaran jasa pendidikan madrasah. MALIA: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 26 ayat 3 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rahardjo, R. S. (2012). Kualitas layanan bursa kerja khusus dan persepsi alumni smk se kabupaten kendal jawa tengah. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 32(1).

Saharsaputra, U. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Saondi, O. (2014). Membangun Manajemen Pendidikan Berbasis Sistem Informasi. Bandung: PT Refika Aditama

Slamet, M. A. (2017). Studi pengelolaan kelas Honda pada Program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 9 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Sulistiyani, A & Rosidah. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Jawa Timur: Banyumedia Publishing.

Turistiati, A. T., & Ramadhan, H. F. A. (2019). Pelatihan Soft Skills Dan Pendampingan Siswa-Siswi SMK Di Kota Bogor Untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 1-8.

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyaja, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta; Salemba Empat.

Wuradji, M. & Alip, M. (2010). Studi Penelusuran Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Laporan Penelitian.

Downloads

Published

15-09-2021

How to Cite

Safitri, D. I. ., Maisyaroh, M., & Nurabadi, A. . (2021). Manajemen Pemasaran dalam Mempercepat Penyerapan Lulusan dalam Satuan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(9), 718–731. https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p718-731

Issue

Section

Articles