Implementasi Program Operasi Semut untuk Menanamkan Sikap Cinta Lingkungan Terhadap Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v1i92021p705-717Keywords:
ant operation program implementation, environmental love attitude, student, operasi semut, sikap cinta lingkungan, peserta didikAbstract
Abstract: The purpose of this study is to describe the implementation of the ant operation program to instill an attitude of love for the environment towards students. This study used a qualitative approach with a multi-site study design. The results of the research are the implementation of the school program through the activities of the ant operation to instill character in students about loving the school environment. Constraints faced are regarding awareness and responsibility of some students, especially low classes, namely classes 1 to 3 concerning environmental cleanliness. However, schools are expected to provide guidance to students whose awareness and responsibility are still low so that the objectives of the ant operation are achieved to the fullest.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi program operasi semut untuk menanamkan sikap cinta lingkungan terhadap peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi situs. Hasil dari penelitian yaitu implementasi program sekolah melalui kegiatan operasi semut untuk menanamkan karakter kepada peserta didik mengenai mencintai lingkungan sekolah. Kendala yang dihadapi yaitu kesadaran dan tanggung jawab dari beberapa peserta didik khususnya kelas rendah yaitu kelas 1 sampai dengan kelas 3 mengenai kebersihan lingkungan. Namun, sekolah diharapkan untuk melakukan pembinaan terhadap peserta didik yang kesadaran dan tanggung jawabnya masih rendah agar tujuan dari kegiatan operasi semut tercapai secara maksimal.
References
Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Kemendikbud. (2016). Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter. (Online), (alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id/assets/konsep_karakter.pdf). Diakses tanggal 26 Februari 2018.
Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mardlotillah, F. (2013). Implementasi Kebijakan Sekolah Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan Membaca Al-Qur’an. Gresik: SMP Muhammadiyah 5 Bungah.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Suarnaya, I. P. (2010). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktis. Malang: Gunung Samudra.
Sundari, W. (2011). Budaya sekolah. (Online), (http://blog.umy.ac.id/wiwinsundari/2011/11/09/budaya-sekolah-school-culture/). Diakses tanggal 18 Maret 2018.
Suyadi, (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2016). Jakarta: Sinar Grafika.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2014. (Online), (http//www.indonesian-publichealth.com/pp-66-Tahun-2014-tentang-kesling/) diakses tanggal 4 Februari 2018.
Wibowo, A. (2013). Manajemen Penidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zulkarnain, W. (2013). Dinamika Kelompok Latihan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.