Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Dyah Wahyuning Astrini Universitas Negeri Malang
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Malang
  • Puri Selfi Cholifah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p665-675

Keywords:

quantum teaching, student activity, learning outcomes, keaktifan siswa, hasil belajar

Abstract

Abstract: This research aims to describe implementation of the Quantum Teaching learning model to increase student activity and learning outcomes of 4th grade students at Sentul II State Elementary School Purwodadi Pasuruan. The research subjects are 4th grade students at Sentul II State Elementary School. This research uses classroom action research conducted in two cycles. The results of the research showed an increase in student activity which was seen from visual activities, oral activities, writing activities, emotional activities, motor activities, and mental activities. The learning outcomes of 4th grade students which was seen from students' classical learning completeness in the first cycle is 55 percent increasing to 80 percent in the second cycle. The average grade increased from 61 to 73. So, it can be concluded that the application of the Quantum Teaching learning model can increase student activity and learning outcomes of 4th grade students at Sentul II State Elementary School Purwodadi Pasuruan.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sentul II Purwodadi Pasuruan. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Sentul II yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan rincian setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II yang dilihat dari visual activities, oral activities, writing activities, emotional activities, motoric activities, dan mental activities. Hasil belajar siswa kelas IV juga mengalami peningkatan dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I sebesar 55 persen meningkat menjadi 80 persen pada siklus II. Rata-rata nilai di kelas tersebut juga mengalami peningkatan dari 61 menjadi 73. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kela 4 SDN Sentul II Purwodadi Pasuruan.

References

Akbar, S. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cipta Media.

Ali, H. G. (2013). Prinsip-Prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Al-Ta'dib, 6(1), 31-42.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar. Jurnal Literasi, 9(1), 37-50.

De Porter, B., Reardon, M., & Nourie, S. S. (2013). Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Mizan Media Utama.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner Doing Critical Participatory Action Research. London: Springer.

Mulia, D.S. & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube Banyumas. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 1-11.

Nurfirdaus, N. & Hodijah, N. (2018). Studi Tentang Peran Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SDN 3 Cisantana. Jurnal Ilmiah Educator, 4(2), 113-129.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30.

Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Jurnal disajikan dalam Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 31 Januari.

Susanti, S. & Miaz, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Quantum Teaching di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(9), 22-30.

Tambunan, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI A SDN 011 Bukit Gajah Kecamatan Ukui. Jurnal Primary, 5(3), 341-360.

Downloads

Published

30-08-2021

How to Cite

Astrini, D. W. ., Khotimah, K. ., & Cholifah, P. S. . (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 665–675. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p665-675

Issue

Section

Articles