Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Tema 4 pada Siswa Kelas V SD

Authors

  • Mar’atul Izza Universitas Negeri Malang
  • Sukamti Sukamti Universitas Negeri Malang
  • Sri Estu Winahyu Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p660-664

Keywords:

misconception, human circulatory system, miskonsepsi, sistem peredaran darah manusia

Abstract

Abstract: This study aims to describe the material misconceptions about the human circulatory system in fifth grade students at SD Negeri 1 Sumberpasir. This study uses a qualitative approach with data collection through essay tests and interviews. The research subjects were fifth grade students. The results showed that there were still many students who had misconceptions about the concept of the human circulatory organ, the process of human blood circulation, human blood circulation disorders and how to maintain the health of the circulatory organ.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi materi sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Sumberpasir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui tes esai dan wawancara. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep organ peredaran darah manusia, proses peredaran darah manusia, gangguan peredaran darah manusia dan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah.

References

Alim, A. (2012). Pengaruh olahraga terprogram terhadap tekanan darah dan daya tahan kardiorespirasi pada atlet pelatda sleman cabang tenis lapangan. Medikora, (2).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

Sari, D. O. (2018). Analisis Miskonsepsi IPA Materi Sistem Pencernaan Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) pada Siswa kelas V SD.

Setiadi, H. (2020). Sistem Peredaran Darah Pengayaan Materi IPA SD. Bandung: SEAMEO QITEP in Science.

Subekti, A. (2017). Buku Siswa Kelas V Tema 4 Sehat itu Penting Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sukamti. (2016). Anatomi Tubuh Manusia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Syarafina, S., Mustofa, Z. & Prayitno, T.A., (2020). Penerapan Soal Four Tier untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Aktivitas Jantung dan Pembuluh Darah. BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 5(1), 6-13.

Wardani, I. S. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Terhadap Konsep-Konsep IPA Biologi Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Wisudawati, W. & Sulistyowati, E. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

30-08-2021

How to Cite

Izza, M. ., Sukamti, S., & Winahyu, S. E. . (2021). Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Tema 4 pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 660–664. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p660-664

Issue

Section

Articles