Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Model Problem Based Learning Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD

Authors

  • Diantika Puji Astuti Universitas Negeri Malang
  • Ni Luh Sakinah Nuraini Universitas Negeri Malang
  • Goenawan Roebyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p653-659

Keywords:

learning media, interactive multimedia based on android, problem based learning, media pembelajaran, multimedia interaktif berbasis android, pembelajaran berbasis masalah

Abstract

Abstract: Learning media is a tool used by teachers to deliver material to students. Based on the results of the interview, it was found that the teacher had not used the media. So that when the observations showed that students were still confused about the material properties and volumes of shapes. This research develops interactive multimedia based on android. The purpose of this research is to produce interactive multimedia that is valid according to media experts, material experts and practical according to users. This study uses the ADDIE model. The result of the development is in the form of interactive multimedia products that are used in building materials. This research was conducted at SDN 2 Glanggang. Based on the assessment instrument from 2 media experts, an average percentage of 94.98 percent was obtained, from 2 material experts obtained a percentage of 89.29 percent, from the trial to the teacher the percentage was 96.05 percent, and the student user trial obtained a percentage of 95.44 percent. Based on the percentage of assessments from experts and the test results show that interactive multimedia is categorized as very valid and very practical so that it can be used in learning activities.

Abstrak: Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi kepada siswa. Berdasarkan hasil wawancara ditemukan bahwa guru belum menggunakan media. Sehingga saat observasi menunjukkan bahwa siswa masih kebingungan tentang materi sifat dan volume bangun ruang. Penelitian ini mengembangkan multimedia interaktif yang berbasis android. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid menurut ahli media, ahli materi serta praktis menurut pengguna. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil pengembangan berupa produk multimedia interaktif yang digunakan pada materi bangun ruang. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Glanggang. Berdasarkan instrumen penilaian dari 2 orang ahli media diperoleh rata-rata persentase 94,98 persen, dari 2 orang ahli materi diperoleh persentase 89,29 persen, dari uji coba kepada guru diperoleh persentase 96,05 persen, dan uji coba pengguna siswa diperoleh persentase 95,44 persen. Berdasarkan persentase penilaian dari para ahli dan hasil uji coba menunjukkan bahwa multimedia interaktif dikategorikan sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

References

Abidin, M. M., Purnama, B. E., & Nugroho, G. K. (2013). Pembangunan Media Pembelajaran Teknik Komputer Jaringan Kelas X Semster Ganjil Pada Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Bangsa Pati Berbasis Multimedia Interaktif. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3).

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Matematika Statistik & Komputasi, 15 (1), 64-67.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ambarita, J. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Karakter Di Masa Pandemi Covid 19. PROSIDING SNITT POLTEKBA, 4, 370-380.

Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2(1).

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asyhar. R. (2021). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 90-97.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona virus disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119-129.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran matematika dalam persfektif konstruktivisme. Jurnal pendidikan islam dan teknologi pendidikan, 7(2), 61-73.

Surat Edaran Dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020.

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android. Teknomatika, 9(2), 113-120.

Wicaksono, D.P., Kusmayadi, T.A., dan Usodo, B. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbahasa Inggris Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Pada Materi Balok Dan Kubus Untuk Kelas VIII SMP. J. Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(5), 540-547.

Wulandari, E. (2012). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 2(1).

Zakiy, M. A., Syazali, M., & Farida, F. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika. Triple S (Journals of Mathematics Education), 1(2), 87-91.

Downloads

Published

30-08-2021

How to Cite

Astuti, D. P. ., Nuraini, N. L. S. ., & Roebyanto, G. . (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Model Problem Based Learning Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 653–659. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p653-659

Issue

Section

Articles