Analisis Konsepsi Awal Siswa pada Materi Siklus Air Kelas V SD

Authors

  • Ilma Nasukha Universitas Negeri Malang
  • Sri Estu Winahyu Universitas Negeri Malang
  • M. Anas Thohir Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p646-652

Keywords:

conception, beginning, student, water cycle, konsepsi, awal, siswa, siklus air

Abstract

Abstract: This study aims to reveal students' initial conceptions of the water cycle material for class V. The method used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques used by researchers are using questionnaires, interviews and documentation. The instrument used to collect data is the researcher himself. The steps of data analysis used in the study, namely: (1) data reduction, (2) data presentation, and (3) making conclusions. The results of this study, obtained the fact that students' initial conceptions have initial conceptions that are scientifically correct and not scientifically correct.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konsepsi awal siswa pada materi siklus air kelas V. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu peneliti sendiri. Langkah-langkah analisis data yang digunakan dalam penelitian, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, diperoleh fakta adanya konsepsi awal siswa memiliki konsepsi awal yang sudah benar secara ilmiah dan belum benar secara ilmiah.

References

Hasanuddin, I. M. (2020). Pengetahuan Awal (prior knowledge): konsep dan implikasi dalam pembelajaran. EDISI: Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2), 217-232.

Maemunawati, S. & Muhammad, A. (2020). Peran Guru, Orangtua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya Serang.

Maulidya, S. R., & Saputri, N. I. (2016). Mengapa Siswa Menghadapi Kesulitan dalam Belajar Matematika? Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 475-480.

Sujana, A. & Kurnia, A. (2018). Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Yudrik, J. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

30-08-2021

How to Cite

Nasukha, I. ., Winahyu, S. E. ., & Thohir, M. A. . (2021). Analisis Konsepsi Awal Siswa pada Materi Siklus Air Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8), 646–652. https://doi.org/10.17977/um065v1i82021p646-652

Issue

Section

Articles