Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Metode Evaluasi dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar pada Muatan PKn Kelas V SD

Authors

  • Nurul Izzah Wahyuillahi Universitas Negeri Malang
  • Imam Nawawi Universitas Negeri Malang
  • Putri Mahanani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p597-604

Keywords:

Quizizz, evaluation method, online learning, the result of study, metode evaluasi, pembelajaran daring, hasil belajar

Abstract

Abstract: This research was conducted with the aim of knowing The Effect of Using Quizizz App in Online Learning on 5th Graders' PKn Final Score at SD Negeri Bunulrejo 1 Malang. This study used quasi-experiment as a research method and nonequivalent control group as a research design. The subject of the study were 91 5th graders in total; 24 students from 5A class and 26 students from 5B class. The instruments used was post-test. The data analysis technique used are mean difference test and descriptive analysis. The result showed that the average PKn post-test score in experimental group was 95,27 with 25,08 gain score while the average PKn post-test score in control group was 65,75 with 16,29 gain score. It showed that the average PKn final score and gain score in the experimental group is higher than in the control group after the test is being held. We can conclude that there are positive impact on using Quizizz app in online learning on 5th graders' PKn final score at SD Negeri Bunulrejo 01 Malang.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan guna mengetahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pada Muatan PKN Kelas V di SD Negeri Bunulrejo 01 Malang. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah kelas VA sejumlah 24 peserta didik dan kelas VB sejumlah 26 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk lembar tes. Teknik analisis data menggunakan beda mean dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Quizizz dirasa sangat efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut, nilai rata-rata post-test hasil belajar PKn kelas eksperimen sebesar 95,27 (kriteria sangat baik) dengan peningkatan nilai (gain score) sebesar 25,08, sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata post-test hasil belajar PKn sebesar 65,75 (kriteria cukup) dengan peningkatan nilai (gain score) sebesar 16,29. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar PKn dan gain score kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh (positif) dalam penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar PKn kelas V di SD Negeri Bunulrejo 01 Malang.

References

Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aslamiyah S. (2020). Pendampingan Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Desa Betoyoguci, Kabupaten Gresik. Journal Of Community Service, 2(3).

Dewi, dkk. (2014). Model Pembelajaran Take And Give Berbatuan Media Grafis Terhadap Hasil Belajar PKn SD. e Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1) .

Divany, dkk. (2020).Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2).

Ferdiansyah, dkk. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E-leaning dalam Meningkatkan Hasil belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 21 (1).

Hamzah, U. B. (2010). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi aksara.

Isman, M. (2016). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). Sumatra Utara: Muhammadiyah University Press.

Japar, dkk. (2019). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKN. Surabaya: CV Jakad.

Jarvis, M. (2011). Teori-Teori Psikologi, Cetakan X. Bandung: Nusa Media

Mahanani, dkk. (2020). Creativity of Junior High School Teacher in Learning in the Time of Covid-19. International Conference In Information Technology And Education Volume: 508 Tahun 2020.

Paryanto. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Malang: Ahlimedia Press.

Payadnya, I & Jayantika, I. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Sleman Yogyakarta: CV Budi Utama.

Prasetia. (2016). Pengaruh media Audio Visual Terhadap Hasil belajar Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2)

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru

Rachmawati T & Daryanto. (2015). Teori Dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Riyana, C. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta Pusat: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Siyoto, dkk. (2015). Dasar Metodilogi Penelitian. Sleman Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sobron. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. 1(2).

Sriyanti, I. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Ponorogo: Uwais Insiprasi Indonesia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukestiyarno, dkk. (2020). Model Pembelajaran PME. Bandung: Scopindo Media Pustaka.

Sukmadinata, N. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sulfemi, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal STKIP PGRI Tulungagung, 5(1).

Suryadi, A. (2017). Perancangan Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1).

Syarifudin, A. (2020). Implentasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 5(1).

Trianto. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Wulandari M. 2020. Technology for English language Learning. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

Wulandari Siti. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3)

Yuliani, M, dkk. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Medan: Yayasan Kita Menulis

Zendrato, W. (2020). Gerakan Mencegah Daripada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2).

Downloads

Published

04-09-2021

How to Cite

Wahyuillahi, N. I. ., Nawawi, I. ., & Mahanani, P. . (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Metode Evaluasi dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar pada Muatan PKn Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 597–604. https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p597-604

Issue

Section

Articles