Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Selama Pembelajaran Daring

Authors

  • Wasiul Maghfiroh Universitas Negeri Malang
  • Putri Mahanani Universitas Negeri Malang
  • Nihayati Nihayati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p552-562

Keywords:

emotional intelligence, learning achievement, online learning, kecerdasan emosional, prestasi belajar, pembelajaran daring

Abstract

Abstract: This research was conducted with the aim of knowing whether there is a positive and significant effect of emotional intelligence on the learning achievement of fourth grade elementary school students in cluster 4 of Blimbing sub-district during online learning. This research uses a quantitative approach, with an associative type. Based on the results of simple linear regression analysis, the equation Y is 51.912 + 0.364X is obtained, it can be seen that the consistent value of variable Y is 51.912, while the regression coefficient for variable X is 1.339. The regression coefficient X is positive, so it can be said that the effect of variable X on variable Y has a positive direction of influence. Based on the probability value obtained, which is 0.000 less than 0.05, it shows that variable X has an effect on variable Y. At the t value, it is known that tcount 4.815 greater than ttable 1.657, which means that the regression coefficient is significant. That way, it can be concluded that there is a positive and significant effect of emotional intelligence on the learning achievement of fourth grade elementary school students in cluster 4 of Blimbing sub-district during online learning.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD se-gugus 4 kecamatan Blimbing selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis asosiatif. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, diperoleh persamaan Y sama dengan 51,912 + 0,364X, dapat diketahui nilai konsisten variabel Y sebesar 51,912, sedangkan koefisien regresi variabel X sebesar 1,339. Koefisien regresi X bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y memiliki arah pengaruh yang positif. Berdasarkan nilai probabilitas yang didapatkan yakni 0,000 kurang dari 0,05, menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Pada nilai t, diketahui thitung 4,815 lebih dari ttabel 1,657, yang berarti koefisien regresi dinyatakan signifikan. Dengan begitu, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD se-gugus 4 kecamatan Blimbing selama pembelajaran daring.

References

Basir, A. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMPIT Iqra’kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243-255.

Faliyandra, F. (2019). Tri Pusat Kecerdasan Sosial: Membangun Hubungan Baik Antar Manusa pada Lingkungan Pendidikan di Era Teknologi. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Goleman, D. (2003). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono Widodo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. 1999.

Leoh, R., Djong, K. D., & Lakapu, M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Smp Kelas VIII. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 13-17.

Mahanani, P., Muchtar, M., Umayaroh, S., Rosyadi, M. I., Sugiarti, I., Resnanda, M., ... & Saputro, C. (2020). Hubungan Wawasan Kebangsaan Terhadap Prestasi Mahasiswa PGSD dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderatingnya (Studi Pada Prodi PGSD di Jawa Timur). Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1), 28-37. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p028

Marzuki, A., Armereo, C., & Rahayu, P. F. (2020). Praktikum Statistik. Malang: Ahlimedia Press.

Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana.

Rosida, V. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Makassar. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Kebudayaan, M. P. D., & Indonesia, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Timotius, K.H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

01-09-2021

How to Cite

Maghfiroh, W. ., Mahanani, P. ., & Nihayati, N. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 552–562. https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p552-562

Issue

Section

Articles