Analisis Faktor Orang Tua Menyekolahkan Anak pada Sekolah Dasar Berbasis Islam di Kota Malang

Authors

  • Nova Nur Khasanah Universitas Negeri Malang
  • Imron Arifin Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Nurabadi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p495-502

Keywords:

choice factors, choice of parents, elementary school based on Islam, faktor pilihan, pilihan orang tua, SD berbasis Islam

Abstract

Abstract: This study intends to explore the factors behind the choice of parents to send their children to Islamic based elementary schools in Malang city. The sample consisted of 162 class I parents using cluster/area sampling and proportional sampling. The data collection tool is a closed questionnaire. While data analysis uses SPSS 24.00 for windows. The results of the study obtained factors that influence the choice of parents to send their children to Islamic based elementary schools in Malang, namely religious factors, character education, school quality, potential development, and service.

Abstrak: Penelitian ini bermaksud untuk menggali faktor yang melatarbelakangi pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang. Sampel terdiri atas 162 orangtua kelas I dengan menggunakan cluster/area sampling dan proportional sampling. Alat pengumpul data adalah angket tertutup. Sedangkan analisis data menggunakan SPSS 24.00 for windows. Hasil penelitian diperoleh faktor yang mempengaruhi pilihan orangtua menyekolahkan anak pada SD berbasis Islam di Kota Malang yaitu faktor religi, pendidikan karakter, mutu sekolah, pengembangan potensi, dan pelayanan.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang. (2017). Data Jumlah Peserta Didik Tiap Sekolah Tahun 2016/2017. Malang: Dinas Pendidikan Kota Malang.

Hubeis, A. V. S. (2013). Expentancy Theory (Studi Kasus: Pelaksanaan Training Sebagai Media Untuk Mewujudkan Harapan Karyawan di Suatu Perusahaan Jasa).

Hura, L. (2013). Permasalahan-Permasalahan yang Ada di Madrasah Ibtidaiyah, (Online), (http://lalahura.blogspot.com), diakses pada 25 Januari 2018.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2018). Agama, (Online), (https://kbbi.web.id), diakses pada 25 November 2018.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi. (2015). Pentingnya Pendidikan Dasar (Online), (www.disdik.bekasikab.go.id), diakses pada 9 Januari 2018.

Prihadhi, E. (2004). My Potensi. Jakarta: Elek Media Komputindo.

Qomar, M. (2015). Dimensi Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga.

Revaldi, A. (2010). Memilih Sekolah untuk Anak. Jakarta Timur: Inti Medina.

Sahroni. 6 November 2015. Mengapa Saya Memilih Sekolah Islam Terpadu. Kompas, hlm. 1.

Septhevian, R. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Orangtua Dalam Memilih Sekolah Dasar (SD). Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Sholiha, F. (2018). Komunikasi Personal.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tempo. (2018). Hari Pendidikan, KPAI: 84 Persen Siswa Alami Kekerasan di Sekolah, hlm. 1.

Triatna, C. (2016). Pengembangan Manajemen Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulul Albab School. (2016). Memilih Sekolah Negeri Atau Swasta Untuk Anak?, (Online), (www.ululalbabschool.com), diakses pada 25 Januari 2018.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (Online), (www.kpai.go.id), diakses pada 9 Januari 2018.

Verdiyani, R. (2016). Analisis Animo Masyarakat Dalam Memilih Sekolah Anak di SD Wuluhadeg dan SD IT Assalam. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 23(5), 264.

Vitasari, H. N. (2017). Motivasi Orangtua Menyekolahkan Anak di Sekolah Berbasis Islam (Studi Kasus di Desa Singosari Mojosongo Boyolali). Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga: FTIK IAIN Salatiga,

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yakub & Hisbanarto, V. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zazin, N. (2017). Gerakan Menata Mutu Pendidikan (Teori & Aplikasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulkarnain, Wildan & Sumarsono, R. B. (2011). Manajemen Perkantoran Pendidikan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

26-07-2021

How to Cite

Khasanah, N. N. ., Arifin, I. ., & Nurabadi, A. . (2021). Analisis Faktor Orang Tua Menyekolahkan Anak pada Sekolah Dasar Berbasis Islam di Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 495–502. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p495-502

Issue

Section

Articles