Pengembangan Media Game Edukasi “Kirun Mission” Materi Keragaman Budaya Indonesia dengan Penguatan Karakter Jujur untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Elcinta Fridaynia Yunna Nabela Universitas Negeri Malang
  • Sri Murdiyah Universitas Negeri Malang
  • Putri Mahanani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p440-446

Keywords:

media, karakter jujur, keragaman budaya, SD

Abstract

Pemanfaatan sumber belajar saat proses pembelajaran dapat dioptimalkan dengan menggunakan media. Namun, pada kenyataan masih terdapat kendala dalam penyampaian materi muatan IPS di kelas IV SDN Sentul 3 Kota Blitar dan SDN Karangsari 2 Blitar. Permasalahan yang sama antara kedua SD tersebut yaitu (1) cakupan materi keragaman budaya yang luas dan tidak adanya media pendukung (2) Pada saat diberikan tugas banyak siswa yang mengumpulkan jawaban yang sama dengan temannya. Melihat hal tersebut perlu dikembangkan salah satu media pembelajaran interaktif serta mampu menumbuhkan karakter pada siswa. Media pembelajaran dikemas berupa game edukasi agar siswa dapat memahami materi tersebut dengan menarik dan dapat menggunakan media tersebut  dimanapun.Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan sebuah media game edukasi “Kirun Mission” berbasis karakter jujur keragaman budaya Indonesia di kelas IV SD yang valid menurut ahli materi dan ahli media, praktis digunakan oleh guru serta praktis dan menarik bagi siswa kelas IV SD.

References

Akbar, S. (2013). Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya.

Arif, M. N. (2016). Pengembangan game edukasi interaktif pada mata pelajaran komposisi foto digital kelas XI di SMK Negeri 1 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 1(02).

Arikunto. S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.

Cahyo, R. D., Untari, E., & Murdiyah, S. (2021). Pengembangan multimedia dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada materi sistem peredaran darah manusia Kelas V SDN Gedog 1 Kota Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(4), 289-294.

Chabib, M., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas pengembangan media permainan ular tangga sebagai sarana belajar tematik SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 910–918.

Kristiani, D., & Bemoe, A. (2016). Ensiklopedia Negeriku Pakaian Adat. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1–11.

Mahanani, P. (2013). Pengembangan model pembelajaran Together Win (TW) berdasarkan STAD berorientasi kok-konstruksi untuk pembelajaran karakte. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Putri, A. Y. (2020). Seri Kekayaan Nusantara Rumah Adat. Jakarta: PT Mediantara Semesta.

Downloads

Published

26-07-2021

How to Cite

Nabela, E. F. Y. ., Murdiyah, S., & Mahanani, P. . (2021). Pengembangan Media Game Edukasi “Kirun Mission” Materi Keragaman Budaya Indonesia dengan Penguatan Karakter Jujur untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 440–446. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p440-446

Issue

Section

Articles