Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berbasis Ispring Materi FPB Dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p430-439Keywords:
interactive multimedia, GCD, LCM, grade IV elementary school, multimedia interaktif, FPB, KPK, kelas IV sekolah dasarAbstract
Abstract: This study aims to develop a media product in the form of interactive mathematical multimedia called MUTIF MATIKA material for GCD and LCM for grade IV elementary school students that is valid and practical. The research method is the Research and Development used model of ADDIE. Based on formative evaluation by media experts obtained 97 percent, material experts obtained 81.9 percent, trials to teachers obtained 92.5 percent, and trials to students gained 88.5 percent. Based on the percentage gain, it shows that the MUTIF MATIKA media is valid and practical so that it can be used in learning in grade IV in primary schools.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media berupa multimedia interaktif matematika yang disebut MUTIF MATIKA materi FPB dan KPK untuk siswa kelas IV sekolah dasar yang valid dan praktis. Metode penelitiannya adalah Research and Development menggunakan model ADDIE. Berdasarkan evaluasi formatif oleh ahli media diperoleh 97,2 persen, ahli materi diperoleh 84,7 persen, uji coba oleh guru diperoleh 92,5 persen, dan uji coba oleh siswa 88,5 persen. Berdasarkan perolehan persentase, menunjukkan bahwa media MUTIF MATIKA valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.
References
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media PembelajaranInovatif dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan 31(2)
Anglada, D. (2007). An Introduction to Instructional Design: Utiliszing a Basic Design Model. http://www.pace.edu/ctlt/newsletter.
Arifin, Y., dkk. (2015). Digital Multimedia. JakartaBarat : PT Widia Inovasi Nusantara.
Ariyanti, dkk. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal Education and Development, 8(1)
Hakim, A. R., & H. Windayana. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2)
Handayani D., & D.V. Rahayu. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android menggunakan I-Spring dan Apk Builder. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1)
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Journal Mathematics Education and Applied, 1(1)
Istiqlal M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1)
Maryana, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika menggunakan Powerpoint dan Ispring Quizmaker pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2)
Munir, (2013). MULTIMEDIA: Konsep & Aplikasi dalam Guruan. Bandung: Alfabeta
Mutrikoh, dkk. (2020). Pengembangan Multimedia Power Point Berbasis Ispring 8 pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(4)
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2)
Nurmadiah. (2016). Media Pendidikan. Jurnal Islam & Peradaban, 5(1)
Permata, A. P. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika untuk Kelas V Semester Genap di SD Negeri 4 Bebetin. Jurusan Teknologi Pendidikan, 2(1)
Pritakinanthi, A. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Ispring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang.
Sadiman, dkk. (2008). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanti & Affrida Z. (2020). Jenis-jenis Media Dalam Pembelajaran. Umsida Repository. eprints.umsida.ac.id.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.