Analisis Nilai-Nilai Pancasila yang Terkandung dalam Perilaku Bermain Anak Kelas V SDN Ardirejo 4 Kepanjen Kabupaten Malang

Authors

  • Imamuddin Mardhotillah Sabila Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i42021p306-314

Keywords:

nilai-nilai Pancasila, perilaku bermain, anak sekolah dasar

Abstract

Nilai-nilai Pancasila di Indonesia ditanamkan denan tujuan untuk menghasilkan peserta didik yang bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah demi kesejahteraan. Berdasarkan hasil pengamatan di salah satu sekolah dasar, diketahui bahwa jarang sekali ditemukan kurangnya penerapan nilai Pancasila saat bermain. Penelitian tertarik melaksanakan peelitian di SDN Ardirejo 4 Kepanjen Kabupaten Malang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Secara keseluruhan penerapan nilai-nilai Pancasila pada perilaku bermain siswa kelas V SDN Ardirejo 4 Kepanjen Kabupaten Malang sudah cukup baik. Perlu adanya kerja sama yang baik antara sekolah, orang tua, dan pengondisian lingkungan yang baik serta pemberian fasilitas yang dapat mendukung penanaman nilai-nilai Pancasila pada perilaku bermain anak.

References

Adi, P. (2016). Pembudayaan nilai-nilai Pancasila bagi masyarakat sebagai modal dasar pertahanan nasional NKRI. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 37-50.

Anggara, A. F. (2018). Strategi Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Pengembangan Wawasan Global Peserta Didik Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila. E-CIVICS, 7(2), 174-182.

Arriani, F. (2019). Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital. JECE (Journal of Early Childhood Education), 1 (2), 60-68.

Bashori, K. (2017). Menyemai Perilaku Prososial Di Sekolah. SUKMA: Jurnal Pendidikan, 1(1)

Fadhilah, A. E. (2019). Nilai-Nilai Pancasila Pada Ekstrakurikuler Karawitan di SDN Sumbersari 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Kaelan, M. S. (2014). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Khosiah, N. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas-Probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(1).

Kristiono, N., Wiratomo, G. H., & Alfira, H. N. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Kepramukaan. Harmony, 4(1), 13-18.

Mahabbati, A. 2006. Identifikasi Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Khusus (JPK), 2(2): 4.

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurwardian, Y. L. (2019). Analisis Niliai Nilai Pancasila Pada Buku Siswa Kelas VI Tema 2 “Persatuan Dalam Perbedaan” Edisi Revisi 2018. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Oematan, V. N. C., Tanudjaja, B. B., Salamoon, D. K. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Media Board Game Untuk Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(16).

Piaget, J. & Inhelder, B. (2016). Psikologi Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106-117.

Rube’i, M. A. (2019). Implementasi Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan pada Mahasiswa Program Studi PPKn Ikip PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2).

Simatupang, N. (2005). Bermain sebagai upaya dini menanamkan aspek sosial bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1).

Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 5(1), 54-65.

Surip, N. (2016). Pancasila dalam Makna dan Aktualisasi. Yogyakarta: Andi.

Umam, A. N. (2018). Implementasi Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab di Sekolah Inklusi SMK Daruttaqwa Suci Manyar Gresik. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 6(2).

Wijaya, F. N. (2015). Persepsi Orang Tua Terhadap Perilaku Bermain Anak Berdasarkan Gender. S1 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. (Online), (http://repository.upi.edu/22889/)

Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

25-07-2021

How to Cite

Sabila, I. M. . (2021). Analisis Nilai-Nilai Pancasila yang Terkandung dalam Perilaku Bermain Anak Kelas V SDN Ardirejo 4 Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(4), 306–314. https://doi.org/10.17977/um065v1i42021p306-314

Issue

Section

Articles