Pengembangan Alat Evaluasi melalui Aplikasi Kahoot Materi Karaktekteristik Ruang dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan Penguatan Karakter Mandiri Kelas IV Mi.Rn

Authors

  • Rinda Wahyu Hidayah Universitas Negeri Malang
  • Sri Murdiyah Universitas Negeri Malang
  • Tri Murti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i42021p280-288

Keywords:

evaluation tools, kahoot the application, IPS, alat evaluasi, apikasi kahoot

Abstract

Abstract: Research on the development of evaluation tools kahoot the application of material space spatial characteristics and the utilization of natural resource themes with the Strengthening of Independent Character class IV MI.RN are valid according to material experts, media experts, as well as practical for teachers and students. The method used is a 10-step model from Borg and Gall. Evaluation tools through the application of kahoot have produced a percentage value of 93.33 percent material experts, 100 percent media experts and 97.5 percent user (teacher).

Abstrak: Penelitian pengembangan alat evaluasi melalui aplikasi kahoot materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam tema dengan Penguatan Karakter Mandiri kelas IV MI.RN yang valid menurut ahli materi, ahli media, serta praktis bagi guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah 10 langkah model dari Borg and Gall. Alat evaluasi melalui apikasi kahoot telah menghasilkan nilai persentase dari ahli materi 93,33 persen, ahli media 100 persen dan pengguna (guru) 97,5 persen.

References

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi 2). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fitri, R. (2017). Penggunaan Platform Kahoot Dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif Dan Kolaboratif Anak. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 438–2599.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD. Kencana.

Fauzi, A., Zainuddin, Z., & Atok, R. (2018). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83-93.

Downloads

Published

25-07-2021

How to Cite

Hidayah, R. W. ., Murdiyah, S. ., & Murti, T. . (2021). Pengembangan Alat Evaluasi melalui Aplikasi Kahoot Materi Karaktekteristik Ruang dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan Penguatan Karakter Mandiri Kelas IV Mi.Rn. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(4), 280–288. https://doi.org/10.17977/um065v1i42021p280-288

Issue

Section

Articles