Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Penguatan Karakter Kerja Keras Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan di Negeriku untuk Kelas IV SDN Banggle 02 Kabupaten Blitar

Authors

  • Anggia Diah Wahyu Mastuti Universitas Negeri Malang
  • Lilik Bintartik Universitas Negeri Malang
  • Sumanto Sumanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i42021p254-268

Keywords:

lkpd, problem based learning, primary school, sekolah dasar

Abstract

Abstract: The purpose of this development research is to produce a valid Problem Based Learning LKPD based on material experts, instructional materials experts, and users as well as practical and interesting according to students. This product can be used as additional teaching material on the Theme of Diversity and Unity of My Country The Subtheme of the Beautiful Unity and Unity in my Country learning 1 and 2. The development of this LKPD uses the research method of Borg & Gall modified by Sugiyono. The steps are 1) potential and problems, 2) data collection, 3) product design, 4) product validation 5) product revision, 6) product trial, 7) product revision, 8) trial use, and 9) revision product. The results of the product validation were stated to be very valid, with an average rating of 94 percent material experts, subject matter experts, and 100 percent users. Student responses about practicality and attractiveness reached 96 percent and 100 percent. Based on all of the assessment results it can be concluded that PBL-based LKPD products are very valid, very practical, very interesting, and can be used without revision.

Abstrak: Tujuan penelitian  pengembangan ini menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning yang valid menurut ahli materi, ahli bahan ajar dan pengguna serta  praktis dan menarik menurut peserta didik. Produk ini dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan pada Tema Keragaman Persatuan dan Kesatuan Negeriku Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan di Negeriku pembelajaran 1 dan 2. Pengembangan LKPD ini menggunakan metode peneltitian dari Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Langkah-langkahnya yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk 5) revisi produk, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, dan 9) revisi produk. Hasil validasi produk dinyatakan sangat valid, dengan rata-rata penilaian ahli materi 94 persen, ahli bahan ajar dan pengguna 100 persen. Respon peserta didik tentang kepraktisan dan kemenarikan mencapai 96 persen dan 100 persen.  Berdasarkan seluruh hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa produk LKPD berbasis PBL sangat valid, sangat praktis ,sangat  menarik, dan dapat digunakan tanpa revisi.

References

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung:PT.Remaja Rosda Karya.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo. 1(2), 71-90.

Azizah, I. N. (2017). Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial dengan Model Pengembangan Thiagarajan. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 63-72.

Dewi, N. M. J., Putra, D. K. N. S., Ganing, N. N., & Hum, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).

Fitri, Y., & Octarini, H. 2017. Pengembangan Handout Dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. THEOREMS (THE jOuRnal of mathEMatics), 2(1), 86-99.

Ivanandewi, S. A., Utami, B. S., & Pratiwi, P. (2019). Edukasi Jajan Sehat pada Anak Usia 6-9 Tahun di Salatiga Lewat Buku Interaktif. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 77-84.

Muryaningsih, S., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan RPP Tematik-Integratif untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras di Kelas 1 SD N 2 Sokaraja Tengah. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 190-201.

Norsanty, U. O., & Chairani, Z. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) materi lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23.

Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.

Rachmawati, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Pelajaran Ipa Kelas Iv Sdn 01 Kalipancur Kabupaten Pekalongan. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang.

Rusmalinda, R., Santoso, H., & Pratiwi, D. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pbl Berupa Lkpd Disertai Nilai Karakter. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Safitri, A. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Collaborative Teamwork Learning Pada Materi Fluida Dinamis.

Santoso, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Berbasis Pendekatan Ilmiah untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawang. Skripsi. Jurusan Biologi-Fakultas MIPA UM.

Setiautami, D. (2011). Eksperimen Tipografi dalam Visual untuk Anak. Humaniora, 2(1), 311-317.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter.

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan; Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter (Landasan, Pilar, dan Implementasi). Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

25-07-2021

How to Cite

Mastuti, A. D. W. ., Bintartik, L. ., & Sumanto, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Penguatan Karakter Kerja Keras Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan di Negeriku untuk Kelas IV SDN Banggle 02 Kabupaten Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(4), 254–268. https://doi.org/10.17977/um065v1i42021p254-268

Issue

Section

Articles