Pengembangan Media Booklet Materi Aksara Jawa dengan Penguatan Gemar Membaca Kelas IV SDN Srengat 1 Kabupaten Blitar

Authors

  • Aditya Anggi Pratama Universitas Negeri Malang
  • Suhel Madyono Universitas Negeri Malang
  • Sutansi Sutansi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p225-233

Keywords:

Javanese material booklet, the character like to read, booklet materi aksara jawa, karakter gemar membaca

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to produce a product in the form of a media booklet for Javanese script material with a strengthening of reading fondness for class IV that is valid, practical, and interesting. his study uses the Borg and Gall research model. The results of the material expert validation were 95 percent (very valid), media expert 98 percent (very valid), users (teachers) 95 percent (very practical), and students 91 percent (very interesting). Based on the entire analysis of the booklet it can be concluded that the booklet is very suitable for use in learning Javanese script material.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media booklet materi aksara Jawa dengan penguatan gemar membaca untuk kelas IV yang valid, praktis, dan menarik. Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg and Gall. Hasil validasi ahli materi 95 persen (sangat valid), ahli media 98 persen (sangat valid), pengguna (guru) 95 persen (sangat praktis), dan siswa 91 persen (sangat menarik). Berdasarkan seluruh hasil analisis booklet dapat disimpulkan bahwa booklet sangat layak digunakan dalam pembelajaran materi aksara Jawa.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Karya Rosadkarya.

Baragay, F. E. & Mintjelungan, C. N. (2016). Perbedaan Efektifitas DHE dengan Media Booklet dan Media Filp Chart terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SDN 126 Manado. Jurnal e-GiGi, 4(2), 76-82.

Kurniati, E. (2015). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa SD yang Integratif Komunikatif Berbasis Folklore Lisan sebagai Wujud Konservasi Budaya. Jurnal Penelitian pendidikan. 32 (2), 1-12.

Maruti, S. E. (2016). Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE. Media Grafika.

Permendiknas No. 22. (2006). Permendikbud No. 22 Tahun 2006 tentang Kompetensi Dasar. Jakarta. Mendiknas.

Permendikbud No. 20. (2018). Permendikbud No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta. Mendikbud.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suherman, Y. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Bagi ABK. Makalah disampaikan pada Diklat Profesi Guru PLB Wilayah X Jawa Barat Bumi Makmur.

Sutarsih. (2015). Pembelajaran Menulis Aksara Jawa Anak Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Aksara, 27 (1).

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

20-07-2021

How to Cite

Pratama, A. A. ., Madyono, S. ., & Sutansi, S. (2021). Pengembangan Media Booklet Materi Aksara Jawa dengan Penguatan Gemar Membaca Kelas IV SDN Srengat 1 Kabupaten Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 225–233. https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p225-233

Issue

Section

Articles