Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire pada Tema 3 Subtema 7 dengan Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar

Authors

  • Hanik Fitrotul Amilia Universitas Negeri Malang
  • Sumanto Sumanto Universitas Negeri Malang
  • Esti Untari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p213-224

Keywords:

lectora inspire, curiosity, rasa ingin tahu

Abstract

Abstract: Lectora Inspire learning media is an application that contains information or material, images, animations, games, and videos that are packaged practically and interestingly so that it can make students more enthusiastic in the learning process. the purpose of this research and development is to test the feasibility of Lectora inspire media in terms of validity, practicality, and attractiveness. The method used is Borg and Gall with 10 steps of research. The results of research and development show that Lectora Inspire learning media from material experts is 91.6 percent, from media experts is 91.6 percent, user rating (practitioners) is 94.4 percent, so it can be said that Lectora Inspire learning media is very valid for use. The results of the student response questionnaire were 95.8 percent so it can be said that Lectora Inspire learning media is very interesting and practical to use.

Abstrak: Media pembelajaran Lectora Inspire sebuah aplikasi yang memuat suatu informasi atau materi, gambar, animasi, game maupun video dikemas secara praktis dan menarik sehingga dapat membuat siswa lebih antusias dalam proses pembelajaran. tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menguji kelayakan media lectora inspire dari segi kevalidan, kepraktisan, dan kemenarikan. Metode yang digunakan adalah Borg and Gall dengan 10 langkah penelitian. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire dari ahli materi sebesar 91,6 persen, dari ahli media sebesar 91,6 persen, penilaian pengguna (praktisi) sebesar 94,4 persen, sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire sangat valid untuk digunakan. Hasil angket respon siswa sebesar 95,8 persen sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran Lectora Inspire sangat menarik dan praktis untuk digunakan.

References

Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Astuti, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Mengacu Pada Kurikulum 2013 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4 Kelas 4 SD. Yogyakarta.

Fauzi, A. (2018). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Dan Peduli Sosial Melalui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83-93.

Mas’ud, M. (2014). Membuat Multimedia Pembelajaran Dengan Lectora Inspire. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8 (2).

Nurdyansyah, N. & Rianand, L. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Jurnal TEKPEN, 1(2).

Santoso, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Berbasis Pendekatan Ilmiah Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawang. SKRIPSI Jurusan Biologi-Fakultas MIPAUM.

Setyosari, P. & Sikhabuden. (2005). Media Pembelajaran. Malang: Elang Emas.

Shalikhah, N. D. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. Warta LPM, 20(1), 9–16.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, S., & Wardani, A. K. (2016). Pembelajaran Matematika Menggunakan CD Interaktif Amt Berbasis Lectora Inspire Untuk Siswa SD. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 19–28.

Wahono, R. S. (2006). Aspek Dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran.

Downloads

Published

20-07-2021

How to Cite

Amilia, H. F. ., Sumanto, S., & Untari, E. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Lectora Inspire pada Tema 3 Subtema 7 dengan Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu Kelas IV SDN Karangtengah 1 Kota Blitar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 213–224. https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p213-224

Issue

Section

Articles