Studi Multi-Situs Kedisiplinan Anak Usia Dini Di TK Kota dan TK Desa

Authors

  • Anis Shofiyatul Izzah Universitas Negeri Malang
  • Ahmad Samawi Universitas Negeri Malang
  • Eny Nur Aisyah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p185-194

Keywords:

discipline, city kindergarten, village kindergarten, kedisiplinan, TK kota, TK desa

Abstract

Abstract: Attitudes and proper parenting from parents is an important capital for children's development later on. Attitudes, parenting parents and the circumstances surrounding the parents can have an influence on children's development. one of the basic moral development that must be instilled in children from an early age is discipline. Researchers used one of the case studies designs, namely multi-site studies, a qualitative research design involving several sites and research subjects as cases. This research is aimed at institutions located in cities and institutions located in villages. Data collection techniques using interviews, observation and documentation. Data analysis through the reduction stage, display data (data presentation) and conclusion drawing/verification. The results of the study found that in institutions in the village parents were rarely open about positive or negative things that children due to parents, this is very counter to what they should. This research is expected to be used as a comparison for future research on parental attitudes to each other open to the institution regarding the discipline of early childhood. Future researchers are also expected to add to the aspects studied in order to know the attitudes that must be done by parents and teachers to overcome disciplinary behavior in children.

Abstrak: Sikap dan pola asuh yang tepat dari orangtua merupakan modal penting bagi perkembangan anak di kemudian hari. Sikap, pola asuh orangtua serta situasi dan kondisi yang sedang melingkupi orangtua dapat memberikan pengaruh terhadap perekembangan anak. salah satu dasar pengembangan moral yang harus ditanamkan dalam diri anak sejak usia dini adalah disiplin. Peneliti menggunakan salah satu desain studi kasus yaitu studi multi situs (multi-site studies), yaitu suatu rancangan penelitian kualitatif yang melibatkan beberapa situs dan subjek penelitian sebagai kasus. Penelitian ini ditujukan pada lembaga yang berada di kota dan lembaga yang berada di desa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi, display data (penyajian data) dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian diketahui bahwa di lembaga yang berada di desa para orangtua jarang terbuka mengenai hal positif ataupun negatif yang dilakukan anak ke orangtua, hal ini kontra sekali dengan dengan yang seharusnya. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan perbandingan untuk penelitian selanjutnya tentang sikap orangtua untuk saling terbuka kepada pihak lembaga mengenai kedisiplinan anak usia dini. Peneliti selanjutnya juga diharapkan untuk menambah aspek yang diteliti agar mengetahui sikap-sikap yang harus dilakukan orangtua maupun guru untuk mengatasi perilaku disiplin pada anak.

References

Anas, A. Y., Riana, A. W., & Apsari, N. C. (2015). Desa dan kota dalam potret pendidikan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3).

Arifin, I. (2012). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengimplementasikan PAUD Unggulan Nasional. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 18(1), 29-35.

Budimansyah, D. (2010). Tantangan globalisasi terhadap pembinaan wawasan kebangsaan dan cinta tanah air di sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 8-16.

Fatmah, N. A. (2017). Pola Penerapan Disiplin Anak Usia Dini Di TK Kamala Bhayangkari 05 Sleman.

Gunariyah M, (2013). Model Penanaman Kedisiplinan Anak Usia Dini Pada Keluarga Buruh Wanita Di Desa Bakrejo Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Edisi Keenam. Jakarta. Erlangga

Imah, A. I. (2013). Geografi Desa Kota.

Lukitasari, S. (2017). Deskripsi Kedisiplinan Anak Usia 5-6 tahun di kb/tk pedagogia. Pendidikan Guru PAUD S-1, 6(3), 231-240.

Martsiswati, E., Suryono, Y., (2014). Peran Orangtua dan Pendidik dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 187-198.

Mundzir, S. (2013). Sosiologi Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang

Santrock, J. W. (2011). Life Span Development. Jakarta: Erlangga

Saputri, A. T. (2016). Penanaman Nilai Kemandirian dan Kedisiplinan Bagi Anak Usia Dini Siswa TK B Di Kelompok Bermain Mutiara Hati Purwokerto.

Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta

Suyadi. (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ulfatin, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang FIP UM

Yudi, (2011). Penelitian untuk wilayah studi Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Zarkawi, A. M. (2013). Pengertian Karakteristik dan Pembangunan Kota.

Downloads

Published

20-07-2021

How to Cite

Izzah, A. S. ., Samawi, A. ., & Aisyah, E. N. . (2021). Studi Multi-Situs Kedisiplinan Anak Usia Dini Di TK Kota dan TK Desa. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 185–194. https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p185-194

Issue

Section

Articles