Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Behavior Contract untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa SMK

Authors

  • Dede Ayu Anggraeni Universitas Negeri Malang
  • Ella Faridati Zen Universitas Negeri Malang
  • Lutfi Fauzan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p162-169

Keywords:

group counseling guide, behavior contract, academic responsibility, panduan konseling kelompok, behavior contracttanggung jawab akademik

Abstract

Abstract: This research is a research and development which aims to produce a group counseling manual with the behavior contract technique to increase the academic responsibility of students in vocational schools that are theoretically and practically acceptable. This research procedure adapted Borg and Gall's development model, namely knowing the potentials and problems found, collecting data and information, designing product guides, testing products by experts, and revising the final product. The results of the product trials indicated that the assessment of media experts and potential users stated that the product was "very feasible", while the assessment of the material experts stated that the content of the material in the product was "quite feasible". Thus, it can be concluded that the group counseling guide product with the behavior contract technique to increase the academic responsibility of students in vocational schools has gone through a product expert test based on the acceptance criteria for the format and content of the material.

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah buku panduan konseling kelompok dengan teknik behavior contract untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa di SMK yang berterima secara teoritis maupun praktis. Prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall, yaitu mengetahui potensi dan masalah yang ditemukan, mengumpulan data dan informasi, mendesain produk panduan, menguji coba produk oleh para ahli, dan merevisi produk akhir. Hasil uji coba produk menunjukkan bahwa penilaian dari ahli media dan calon pengguna menyatakan bahwa produk “sangat layak” sedangkan penilaian dari ahli materi menyatakan bahwa isi materi dalam produk “cukup layak”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk panduan konseling kelompok dengan teknik behavior contract untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa di SMK telah melalui uji ahli produk berdasarkan kriteria keberterimaan format dan isi materi.

References

Ami, M. S. (2012). Pengembangan buku saku materi sistem ekskresi manusia di SMA/MA Kelas XI. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 1(2), 10-13.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Clemes, H. & Bean, R. (1995). How to Teach Children Responsibility (Terjemahan). Jakarta: Binarupa Aksara.

Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont, CA: Brooks/Cole.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fajar. (2002). Mahasiswa dan Budaya Akademik. Bandung: Rineka.

Fauzan, L. (2009). Memberdayakan Behavior Contract untuk Melesatkan Perkembangan Pribadi. https://lutfifauzan.wordpress.com/2009/08/09/kontrak-perilaku/.

Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan Konseling. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Lickona, T. (2004). Character Matters How Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. New York: Touchstone.

Muharrar, S. (2003). Tinjauan Seni Ilustrasi. Jurusan Seni Rupa. Fakultas Bahasa dan Seni: Universitas Negeri Semarang.

Prayitno. (2004). Layanan L1-L9. Padang: BK FIP UNP.

Republika.co.id. 13 September 2019. 71 Siswa SMK Asal Bogor Bolos Hingga ke Banyumas website: https://nasional.republika.co.id/berita/pxqc9m384/71-siswa-smk-asal-bogor-bolos-hingga-ke-banyumas.

Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

20-07-2021

How to Cite

Anggraeni, D. A. ., Zen, E. F. ., & Fauzan, L. (2021). Pengembangan Buku Panduan Konseling Kelompok dengan Teknik Behavior Contract untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa SMK. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(3), 162–169. https://doi.org/10.17977/um065v1i32021p162-169

Issue

Section

Articles