Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Eceng Gondok dengan Teknik Kepang

Authors

  • Dian Ayu Hidayani Universitas Negeri Malang
  • I Made Seken Universitas Negeri Malang
  • Nur Anisa Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i22021p101-108

Keywords:

fine motorbike, weaving hyacinth, braid technique, motorik halus, menganyam eceng gondok, teknik kepang

Abstract

Abstract: This study aims to improve the fine motor skills of children in group B kindegarten Mekarsari Lamongan. Activities that will be carried out to improve the fine motor skills of children in group B of Mekarsari kindergarten Lamongan are by weaving using water hyacinth with braid techniques. The type of research used is classroom action research (PTK). The type of data used in the research is quantitative and qualitative data. Research weaving using water hyacinth with this braid technique results that are started from pre-action activities with a score of 41.8 with 12 percent percentage while the first cycle gets a score of 49.6 with a percentage of 18 percent and the second cycle scores 86.16 with a percentage of 84 percent. Research on improving children's fine motor skills through weaving using water hyacinth is increasing well and the teacher can use the surrounding plants to weave the child's fine motor skills.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Mekarsari Lamongan. Kegiatan yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Mekarsari Lamongan yaitu dengan kegiatan menganyam menggunakan eceng gondok dengan teknik kepang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menganyam menggunakan eceng gondok dengan teknik kepang ini hasil yang dimulai dari kegiatan pratindakan dengan skor 41,8 dengan 12 persentase sedangkan siklus I memperoleh skor 49,6 dengan persentase 18 persen dan siklus II memperoleh skor 86,16 dengan persentase 84 persen. Penelitian peningkatan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam menggunakan eceng gondok ini meningkat dengan baik dan guru bisa memanfaatkan tanaman yang ada disekitar untuk menganyam melatih kemampuan motorik halus anak.

Downloads

Published

20-07-2021

How to Cite

Hidayani, D. A. ., Seken, I. M., & Anisa, N. (2021). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Eceng Gondok dengan Teknik Kepang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(2), 101–108. https://doi.org/10.17977/um065v1i22021p101-108

Issue

Section

Articles