Peningkatan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Mozaik menggunakan Bahan Biji-Bijian Untuk Kelompok B di TK Al-Husna Buring Kota Malang

Authors

  • Emmalia Marta Hapsari Universitas Negeri Malang
  • I Made Seken Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i22021p91-100

Keywords:

motorik halus, mozaik, biji-bijian, fine motor, mosaic, grains

Abstract

Abstract: The observations on group B2 in Al-Husna Buring Malang Kindergarten showed that children's fine motor skills had not developed optimally. Children have not been able to move their hands and eye coordination carefully. 12 and 16 children of fine motor skills have not developed well in mosaic activities with free tearing techniques. Mosaic activities using grain ingredients are expected to develop children's fine motor skills. Mosaic activities using grain materials are done by applying glue using a brush on the drawing pattern then the child is asked to squeeze using two fingers (thumb and index finger) after that, sticking the seeds according to the instructions given. When squeezing and pasting the seeds, children can coordinate their eyes and hands and be skilled at using the fingers. This study uses a class action research design (PTK). The data analysis technique used in this study is descriptive qualitative and quantitative. The study was conducted in two cycles, one cycle carried out 2 meetings. The subject of this study was the B2 group TK Al-Husna Buring. Based on the results of observations of an increase in the results of this study indicate that there was an increase in fine motor skills ranging from pre-action, cycle I to cycle II. The results of observing the fine motor skills of children in pre-action were 25 percent increased to 31.25 percent in cycle I. The fine motor skills of children increased again in the second cycle very well, reaching 81.25 percent or increasing by 50 percent from cycle I. Researchers provide advice for teachers to improve fine motor skills through various activities that attract and motivate children to develop their fine motor skills optimally.

Abstrak: Hasil pengamatan pada kelompok B2 di TK Al-Husna Buring Malang menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak belum berkembang dengan optimal. Anak belum mampu menggerakkan tangan dan koordinasi mata dengan cermat. 12 dan 16 anak keterampilan motorik halusnya belum berkembang dengan baik pada kegiatan mozaik dengan teknik merobek bebas. Kegiatan mozaik menggunakan bahan biji-bijian diharapkan dapat mengembangkan keterampilan motorik halus anak. Kegiatan mozaik menggunakan bahan biji-bijian dilakukan dengan mengoles lem menggunakan kuas pada pola gambar kemudian anak diminta untuk menjimpit menggunakan dua jari (ibu jari dan jari telunjuk) setelah itu, menempelkan biji-bijian sesuai instruksi yang diberikan. Pada saat menjimpit dan menempelkan biji-bijian anak dapat mengkoordinasi mata dan tangan serta terampil menggunakan jari-jari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, satu siklus dilaksanakan 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Al-Husna Buring. Berdasarkan hasil pengamatan terjadi peningkatan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan motorik halus mulai dari pra tindakan, siklus I sampai siklus II. Hasil pengamatan keterampilan motorik halus anak pada pra tindakan adalah 25 persen meningkat menjadi 31,25 persen pada siklus I. Keterampilan motorik halus anak kembali meningkat pada siklus II dengan sangat baik yaitu mencapai 81,25 persen atau meningkat sebanyak 50 persen dari siklus I. Peneliti memberikan saran bagi guru untuk meningkatkan motorik halus melalui berbagai kegiatan yang menarik dan memotivasi anak dalam mengembangkan keterampilan motorik halusnya secara optimal.

References

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, N. W. R. (2014). Penerapan Teknik Mozaik Berbantuan Media Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Melukis Anak. Jurnal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Muharrar, S., & Verayanti, S. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (2014). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Susanto, A. (2015). Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

20-07-2021

How to Cite

Hapsari, E. M. ., Seken, I. M. ., & Astuti, W. . (2021). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Mozaik menggunakan Bahan Biji-Bijian Untuk Kelompok B di TK Al-Husna Buring Kota Malang . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(2), 91–100. https://doi.org/10.17977/um065v1i22021p91-100

Issue

Section

Articles