Penerapan Teknik Mozaik untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok A di TK Permata Bunda Kota Malang

Authors

  • Zahrok Noviana Wahyuningtyas Universitas Negeri Malang
  • Usep Kustiawan Universitas Negeri Malang
  • Rosyidamayani Twinsari Maningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p78-83

Keywords:

mosaic technique, fine motor, group A children, teknik mozaik, motorik halus, anak kelompok A

Abstract

Abstract: This research aims to improve the fine motoric of group A children in Permata Bunda kindergarten at Malang City through the mosaic technique. The research used Kemis and Mc Taggart’s action research model. The results showed that the application of the mosaic technique can improve children’s fine motor skills as evidenced by an increase from cycle 1 as big as 44,23 percent to be 85,58 percent in cycle 2.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak kelompok A di TK Permata Bunda Kota Malang melalui teknik mozaik. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemis dan Mc Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik mozaik dapat meningkatkan motorik halus anak terbukti dengan adanya peningkatan dari siklus 1 sebesar 44,23 persen menjadi 85,58 persen pada siklus 2.

References

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Kustiawan, U. (2016). Pendidikan Menggambar. Universitas Negeri Malang.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pamadhi, H & Sukardi, E. (2008). Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sitepu, J. M., & Janita, S. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 73-83.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

20-07-2021

How to Cite

Wahyuningtyas, Z. N. ., Kustiawan, U., & Maningtyas, R. T. (2021). Penerapan Teknik Mozaik untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok A di TK Permata Bunda Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(1), 78–83. https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p78-83

Issue

Section

Articles