Implementasi Video Teks Narasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V

Authors

  • Salsabillah Adlani Universitas Negeri Malang
  • Ratna Trieka Agustina Universitas Negeri Malang
  • Muchtar Muchtar Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p72-77

Keywords:

writing an Indonesian paragraph, narration text video, 5th grade students, menulis paragraf Bahasa Indonesia, media video teks narasi, siswa Kelas V

Abstract

Abstract: This research aimed: (1) the application of narrative text video media could increase learning activities in writing narrative text of the fifth grade students of SDN Sukolilo Jabung, (2) the application of learning media text video could increase the students skill in writing narrative text of the fifth grade students of SDN Sukolilo Jabung. This research described classroom activities using a qualitative approach. The result of this research was that the ability of writing Indonesian paragraphs rose from the average 71,2 with the classical completeness 73 percent in the cycle 1 to 84,63 with the classical completeness 94 percent in the cycle 2. It showed that the application of narrative text video media model could enhance the skill of writing narrative text.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) penerapan media video teks narasi dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas V SDN Sukolilo Jabung, (2) penerapan media pembelajaran video teks dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas V SDN Sukolilo Jabung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan menulis paragraf Bahasa Indonesia meningkat dari nilai rata-rata 71,2 dengan ketuntasan klasikal 73 persen pada siklus I menjadi 84,63 dengan ketuntasan klasikal 94 persen pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model media video teks narasi dapat meningkatkan keterampilan menulis teks narasi.

References

Guntur, T. H. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Edisi revisi. Angkasa: Bandung.

Badawi, A. (2017). Kemampuan Berbahasa Indonesia Dalam Menulis Deskripsi Berbasis Kurikulum 2013 Pada Siswa SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(2), 121-126.

Rumidjan. (2014). Dasar Keilmuan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Yunus, M. (2014). Hakikat Menulis. Modul 1. Tangerang: Universitas Terbuka.

Zainurrahman, Z. (2016). Peran Pikiran Bawah Sadar (Subconscious Mind) dalam Proses Menulis dan Pembelajaran Naratif. Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 4(1) 44-48.

Downloads

Published

20-07-2021

How to Cite

Adlani, S. ., Agustina, R. T. ., & Muchtar, M. (2021). Implementasi Video Teks Narasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas V. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(1), 72–77. https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p72-77

Issue

Section

Articles