Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional di SDN Sawojajar 3 Malang

Authors

  • Zahna Karisma Daningtyas Universitas Negeri Malang
  • Retno Tri Wulandari Universitas Negeri Malang
  • Nihayati Nihayati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p43-53

Keywords:

traditional dance extracurricular activities, character education, elementary school, ekstrakurikuler seni tari tradisional, pendidikan karakter, sekolah dasar

Abstract

Abstract: This study aims to (1) describe the process of extracurricular activities of traditional dance at Sawojajar 3 Malang Elementary School (2) to describe the values ​​of character education contained in the traditional dance extracurricular activities at Sawojajar 3 Malang Elementary School. This research uses a qualitative approach with a descriptive type. Researcher as the main research instrument with research data source, namely the process of extracurricular activities of traditional dance. Collecting data using observation, interview, and documentation techniques. The results showed the values ​​of character education in extracurricular traditional dance at Sawojajar 3 Malang Elementary School namely the process of extracurricular activities of traditional dance at Sawojajar 3 Malang Elementary School through 4 learning stages and 4 traditional dance materials. The four learning stages are pre- extracurricular activities for traditional dance, early extracurricular activities for traditional dance, core extracurricular activities for traditional dance, and final extracurricular activities for traditional dance. In the process of dance extracurricular activities through these 4 stages inserting habituation and giving examples of direct action. Religious character values, nationalist character values, community service character values, integrity character values, independent character values ​​with creative sub- values ​​have not been seen in extracurricular activities of traditional dance.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses kegiatan ekstrakurikuler seni tari tradisional di SDN Sawojajar 3 Malang (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada ekstrakurikuler seni tari tradisional di SDN Sawojajar 3 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Peneliti sebagai instrumen penelitian utama dengan sumber data penelitian yaitu proses kegiatan ekstrakurikuler seni tari tradisional. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter pada ekstrakurikuler seni tari tradisional di SDN Sawojajar 3 Malang yaitu proses kegiatan ekstrakurikuler seni tari tradisional di SDN Sawojajar 3 Malang melalui 4 tahap pembelajaran dan 4 Materi tari tradisional. Empat tahapan pembelajaran yaitu kegiatan pra-ekstrakurikuler seni tari tradisional, kegiatan awal ekstrakurikuler seni tari tradisional, kegiatan inti ekstrakurikuler seni tari tradisional, dan kegiatan akhir ekstrakurikuler seni tari tradisional. Dalam proses kegiatan ekstrakurikuler seni tari melalui 4 tahapan tersebut menyisipkan pembiasaan dan pemberian contoh tindakan langsung. Nilai karakter religius, nilai karakter nasionalis, nilai karakter gotong royong, nilai karakter integritas, nilai karakter mandiri dengan sub- nilai kreatif belum terlihat pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari tradisional.

References

Budhiman, A. (2017) Gerakan penguatan pendidikan karakter. Jakarta: Direktorat Pembinaan Siswa.

Fadilah, N. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Ektrakulikuler Seni Tari Tradisional dalam Membentuk Karakter pada Siswa Kelas Tinggi di SDN Tambakaji 01 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hartini, H., & Rudyanto, H. E. (2018). Tari Orek-Orek Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Ngawi. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan 4(2), 15-28.

Jasman. (2018). Pendidikan karakter: implementasi oleh guru, kurikulum, pemerintah dan sumber daya pendidikan. Sukabumi: CV Jejak.

Komalasari, K & Saripudin. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Velue Education. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, Y. S., & Sindhuredja, F. X. (2016). Implementasi Pendidikan karakter Melalui Kegiatan ekstrakurikuler Seni Tari di Sekolah Dasar Negeri 1 Trirenggo Tahun pelajaran2015/2016. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(1).

Rosala, D. (2016). Pembelajaran seni budaya berbasis kearifan lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter siswa di sekolah dasar. Ritme, 2(1)

Sahlan, A. K. (2018). Mendidik Perspektif Psikologi. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeth.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeth.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeth.

Sulistyaningsih, I. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakurikuler Seni Tari MI AL-Ihsan Medari. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sumanto. (2014). Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Malang: Rosindo.

Downloads

Published

20-07-2021

How to Cite

Daningtyas, Z. K. ., Wulandari, R. T. ., & Nihayati, N. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Seni Tari Tradisional di SDN Sawojajar 3 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(1), 43–53. https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p43-53

Issue

Section

Articles