Studi Komparatif Mengenai Kepercayaan Diri Siswa antara Kelompok Siswa Jalur Zonasi dengan Kelompok Siswa Jalur Prestasi Tahun Ajaran 2020/2021 di SMP Negeri 25 Kota Malang

Authors

  • Firnanda Imam Ramadhan Universitas Negeri Malang
  • Adi Atmoko Universitas Negeri Malang
  • Carolina L. Radjah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p37-42

Keywords:

self confidence, zoning path, achievement path, kepercayaan diri, jalur zonasi, jalur prestasi

Abstract

Abstract: This research aims to determine whether or not there is a difference in self-confidence between the zoning path student group and the achievement path student groups at SMPN 25 Kota Malang. This research uses a quantitative approach with a comparative method. The population of this research is 122 students with 95 samples. The hypothesis test used in this research is the Independent-Sample T Test. From the results of the hypothesis test, it states that the significance value (Sig.) is 0,288 > 0.05, it means that H0 is accepted and Ha is rejected. Based on the hypothesis test that has been conducted by the researcher, it can be concluded that there is no significant difference between the zoning path student group and the achievement path student group.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kepercayaan diri antara kelompok siswa jalur zonasi dan kelompok siswa jalur prestasi SMPN 25 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Populasi dari penelitian adalah 122 siswa dengan sampel 94 responden. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Independent-Sample T Test. Dari hasil uji hipotesis tersebut menyatakan bahwa nilai signifikansinya (Sig.) adalah 0,288 > 0,05 yang artinya bahwa H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan peneliti dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa jalur zonasi dengan kelompok siswa jalur prestasi.

References

Angelis, B. D. (2005). Confidence: percaya diri sumber sukses dan kemandirian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. Kemendikbud (Online), (http://jdih.kemdikbud.go.id), diakses 11 November 2019.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. Kemendikbud (Online), (http://jdih.kemdikbud.go.id), diakses 28 Januari 2020.

Rahayu, A. Y. (2013). Menumbuhkan Kpercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT INDEKS

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian, Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Luk Staff UGM (Online), (http://luk.staff.ugm.ac.id), diakses 11 November 2019.

Downloads

Published

20-07-2021

How to Cite

Ramadhan, F. I. ., Atmoko, A. ., & Radjah, C. L. . (2021). Studi Komparatif Mengenai Kepercayaan Diri Siswa antara Kelompok Siswa Jalur Zonasi dengan Kelompok Siswa Jalur Prestasi Tahun Ajaran 2020/2021 di SMP Negeri 25 Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(1), 37–42. https://doi.org/10.17977/um065v1i12021p37-42

Issue

Section

Articles